Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, July 14, 2018

Pengajaran Matematika Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL)


Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran itu banyak bergantung pada kecakapan untuk mempraktekan teknik maupun pendekatan pembelajaran yang akan disajikan. Oleh karena itu, maka diperlukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan teknik mengajar dalam matematika. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan, selain itu bagaimana materi yang telah diajarkan menjadi bermakna dengan berdampak pada kehidupan sehari-hari.
Pendekatan pembelajaran yang dimaksud adalah pendekatan pembelajaran yang nantinya dapat diaplikasikan siswa pada kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran itu tidak lain adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) cocok diterapkan dalam pembelajaran matematika karena pendekatan kontekstual sejalan dengan tumbuh kembangnya matematika itu sendiri. Senada dengan yang diungkapkan Suherman (http://educare.e-fkipunla.net) bahwa:
”......Penerapan pendekatan kontekstual sejalan dengan tumbuh-kembangnya matematika itu sendiri dan ilmu pengetahuan secara umum. Matematika tumbuh dan berkembang bukan melalui pemberitahuan, akan tetapi melalui inkuiri, kontruksivisme, tanya-jawab, dan semacamnya yang dimulai dari pengamatan pada kehidupan sehari-hari yang dialami secara nyata. Hakekat Pembelajaran Matematika Belajar matematika adalah suatu proses (aktivitas) berpikir disertai dengan aktivitas afektif dan fisik.......”

Pembelajaran matematika yang baik adalah pembelajaran yang memberikan penekanan pada penataan nalar, pembentukan sikap siswa, dan keterampilan dalam penerapan matematika, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam membantu mempelajari ilmu pengetahuan lainnya. Dengan kata lain pembelajaran harus bermakna dan memberi peluang kepada siswa untuk berperan aktif. Keberhasilan pembelajaran ditentukan strategi pembelajaran dan media yang digunakan. Dalam penelitian ini digunakan strategi pembelajaran dengan pendekatan CTL. Pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari, sehingga siswa memiliki pengetahuan/ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.
Sedangkan Pengajaran dan pembelajaran CTL merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga. Pembelajaran CTL menyajikan suatu konsep yang mengaitkan materi pelajaran yang dipelajari siswa dengan konteks di mana materi tersebut digunakan, serta berhubungan dengan bagaimana seseorang belajar atau gaya/cara siswa belajar. CTL merupakan sistem menyeluruh yang terdiri dari bagian – bagian yang saling terhubung yang terdiri dari 7 komponen yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian yang autentik.

Ketujuh komponen di atas dalam proses belajar mengajar semua komponen tersebut digunakan atau diterapkan, karena komponen tersebut berkaitan dari yang pertama sampai yang ketujuh. Penerapan komponen tersebut dilakukan dengan waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dalam pembelajaran CTL tersebut siswa yang terlibat secara langsung, dengan komponen tersebut maka pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan. Dalam pembelajaran CTL siswa yang harus mendapat pengetahuan dan menerapkannya dalam kehidupan mereka.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts