Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, July 20, 2018

Kehamilan dan Tanda-tanda tentang kehamilan

 Kehamilan
1. Pengertian
Hamil adalah seorang wanita mengandung sel telur yang telah dibuahi atau dihasilkan oleh sperma. Kehamilan adalah suatu proses alami yang didahului pertemuan ovum dan sperma yang disebut fertilisasi kemudian dilanjutkan menjadi nidasi dan implantasi sampai janin dapat tumbuh dan hidup di dunia luar. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid akhir.
Kehamilan merupakan sutu perubahan dalam rangka melanjutkan keturunan yang terjadi secara alami, menghasilkan janin yang tumbuh di dalam rahim ibu.
Kehamilan didefinisikan sebagai fertilitas atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum dan dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Bila dihitung dari saat fertilitas hingga lahirnya bayi, kehamilan normal akan berlangsung dalam waktu 40 minggu atau 10 bulan lunar atau       9 bulan menurut kalender internasional. Kehamilan terbagi dalam         3 trimester, di mana trimester kesatu berlangsung dalam 12 minggu, trimester kedua 15 minggu ( minggu ke-13 hingga ke-27), dan trimester ketiga 13 minggu ( minggu ke-28 hingga ke-40).

2. Tanda-tanda Kehamilan
a. Tanda tidak pasti hamil
1.    Amenorhoe (tidak dapat haid)
2.    Mual muntah
3.    Mengidam
4.    Mamae menjadi tegang dan membesar
5.    Anoreksia
6.    Miksi sering
7.    Sulit BAB
8.    Perubahan warna kulit pada daerah tertentu : leher, muka,
       dan areola.
9.    Epulsi
10. Varises
     b. Tanda kemungkinan hamil
1.        Rahim membesar
2.        Tanda Hegar yaitu melebarnya daerah pelunakan di istmus SBR, menyebabkan cekungan. Terjadi pada kehamilan 6 – 8 minggu.
3.        Tanda Chadwick yaitu pembendungan pembuluh darah daerah panggul menyebabkan warna serviks menjadi kebiruan (livid) atau purplish (ungu). Disebabkan karena meningkatnya vascularisasi pada serviks.  
4.        Tanda Goodle yaitu serviks menjadi lunak dan cyanosis disebabkan pertambahan vascularisasi jaringan serviks. Muncul pada minggu ke-4.
5.        Tanda ladin yaitu uterus melunak di daerah anterior, tengah di daerah antara uterus dan serviks. Mulai teraba pada kehamilan   6 minggu.
6.        Tanda Mc Donald yaitu serviks dan uterus dapat dengan mudah ditekuk pada pertemuannya. Dapat dilihat pada kehamilan 7-8 minggu.
7.        Tanda piscaseck yaitu perubahan asimetris pada bentuk uterus hamil di daerah fundus dimana terjadi implantasi tampak lebih menonjol disebabkan oleh hyperemi setempat karena hormonal.
8.        Kontraksi Braxton hiks yaitu kontraksi uterus ringan, ireguler ringan, tidak sakit, semakin meningkat frekuensinya pada TM III.
9.        Teraba ballotment pada kehamilan 16-20 minggu.
10.    Test kehamilan (+)
c.  Tanda pasti hamil
1.        Terasa adanya gerakan janin, pada primigravida dapat        dirasakan oleh ibunya pada kehamilan 18 minggu sedangkan pada multigravida pada kehamilan 16 minggu.
2.        Terasa adanya bagian-bagian janin.
3.        Terdengar adanya DJJ, biasanya dengan fetal electrocardiograph pada kehamilan 12 minggu, system Doppler pada kehamilan 12 minggu, stetoskop leanec pada kehamilan 18-20 minggu.
4.        Terlihat kerangka janin pada pemeriksaan sinar rontgen.

5.        Dengan menggunakan USG dapat terlihat gambaran janin berupa ukuran kantong janin, panjangnya janin, dan diameter biparetalis hingga dapat diperkirakan tuanya kehamilan.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts