Satuan PAUD
Sejenis (SPS), yakni lembaga yang menyelenggarakan pendidikan selain Taman
Kanak-Kanak, Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak. Satuan PAUD sejenis
(SPS) berfungsi memberikan pendidikan sejak dini dan membantu meletakkan dasar
ke arah pengembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik
yang diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berpengaruh
terhadap tumbuh kembang anak.
Pemberdayaan
masyarakat dalam penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis sangat penting untuk
dilakukan dengan alasan bahwa masyarakat memiliki potensi untuk merencanakan,
melaksanakan, mendukung, mengevaluasi program yang berkaitan dengan
kehidupannya termasuk PAUD. Selain itu masyarakat juga perlu memiliki ,
pemahaman tentang kebutuhan dan harapannya pada bidang PAUD.
Tujuan
Satuan PAUD Sejenis (SPS) memberikan layanan kesehatan, gizi, serta psikososial
secara holistik dan terintegrasi adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah
pengembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial dan fisik yang
diperlukan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berpengaruh terhadap
tumbuh kembang anak.
Pendekatan
lembaga Satuan PAUD Sejenis berorientasi pada hal-hal berikut :
1. Prinsip
pendidikan anak
2. Prinsip
perkembangan anak
3.
Optimalisasi layanan Pos PAUD
a.
Optimalisasi program
b.
Optimalisasi ketenagaan
c. Optimalisasi
prasarana
d.
Optimalisasi sarana
e.
Berpusat pada anak
Prosedur
pelaksanaan pengembangan pada lembaga SPS adalah sebagai berikut :
1.
Peserta didik, pendidik, pengelola
2. Komponen
program Pos PAUD
3. Strategi
pelaksanaan PAUD
4. Indikator
keberhasilan
No comments:
Post a Comment