I.
Memilih Sumber Pengajaran
Informasi diperoleh dari guru secara langsung tanpa melalui perantara,
para therapis sebagai ahli yang dengan sengaja diundang ke sekolah atau
berkunjung ke tempatnya. Mungkin pula informasi itu diperoelh melalui media
komunikasi (Alat penampil) seperti film, tape recorder, pembingkai, film
rangkai, buku, dsb.
Sumber pengajaran secara optimal oleh para guru bergantung pada motivasi
dan kemampuan yang dimiliki para guru di dalam menggunakannya. Keanekaragaman sumber
pengajaran yang digunakan secara terencana dan teratur akan mengakibatkan
keanekaragaman aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa sehingga proses
pengajaran akan lebih efektif lagi.
Patokan-patokan yang dapat dijadikan sebagai pegangan oleh para guru di
dalam menentukan pilihan sumber pengajaran yaitu :
a. Program
pengajaran (kurikulum)
Langkah awal
yang harus ditempuh oleh guru sebelum menentukan pilihan sumber pengajaran yang
akan digunakan adalah mempelajari garis-garis besar program pengajaran, dengan
cara ini guru akan dapat menghindari kesalahan memberikan materi pelajaran yang
belum waktunya diajarkan berdasarkan urutan logisnya.
b. Kondisi
Lingkungan
Menginventarisasi
sumber-sumber pengajaran yang ada baik di sekolah maupun di masyarakat, yang
dapat dimanfaatkan untuk pengajaran. Di samping itu juga, perlu diketahui oleh
guru pihak-pihak mana saja yang harus dihubungi, bagaimana prosedurnya dan
kapan saat yang tepat untuk menghubunginya.
c. Karakteristik
siswa
Unsur pokok
dalam pengajaran adalah siswa yang harus menerima atau mencari informasi
pengajaran, sehinga terjadi perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan
pengajaran, oleh karena itu siswa harus dijadikan dasar pertimbangan di dalam
pemilihan sumber pengajaran. Setiap siswa memiliki karakteristik yang
berbeda-beda, kesempurnaan fisik, kemampuan berfikir, emosi, interaksi sosial,
tingkah laku, termasuk anak-anak yang berkelainan dari yang tunggal sampai
ganda atau majemuk. Dengan demikian, guru tidak boleh memaksakan kehendak atau
menyamakan siswa di dalam pembelajaran.
Agar sumber
pengajaran yang digunakan sesuai dengan tingkat kelainan dan kemampuan siswa,
minat, bakat, dsb, alangkah baiknya kalau pemilihan sumber pengajaran
melibatkan ahli yang terkait seperti therapist, orang tua, termasuk siswa,
psikolog, dokter dsb.
d. Karakteristik
Sumber Pengajaran
Ada sumber
pengajaran yang cocok untuk pengajaran klasikal, tetapi ada juga sumber
pengajaran khusus individual, ada sumber pengajaran yang tidak terbatas ruang
dan tempat termasuk jumlah siswa yang banyak, tetapi ada pula sumber pengajaran
yang dibatasi oleh ruang dan tempeh dan jumlah siswa pun terbatas. Ada pula
sumber pengajaran yang bersifat elektrik sehingga penggunaannya dipengaruhi
oleh aliran listrik dan sebaliknya dan masih banyak lagi sumber pengajaran yang
lebih khusus sesuai dengan kebutuhan, dsb.
No comments:
Post a Comment