Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, July 13, 2018

MEMILIH SUMBER, MEDIA, DAN ALAT PENGAJARAN


I.            Memilih Sumber Pengajaran
Informasi diperoleh dari guru secara langsung tanpa melalui perantara, para therapis sebagai ahli yang dengan sengaja diundang ke sekolah atau berkunjung ke tempatnya. Mungkin pula informasi itu diperoelh melalui media komunikasi (Alat penampil) seperti film, tape recorder, pembingkai, film rangkai, buku, dsb.
Sumber pengajaran secara optimal oleh para guru bergantung pada motivasi dan kemampuan yang dimiliki para guru di dalam menggunakannya. Keanekaragaman sumber pengajaran yang digunakan secara terencana dan teratur akan mengakibatkan keanekaragaman aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa sehingga proses pengajaran akan lebih efektif lagi.
Patokan-patokan yang dapat dijadikan sebagai pegangan oleh para guru di dalam menentukan pilihan sumber pengajaran yaitu :
a.      Program pengajaran (kurikulum)
Langkah awal yang harus ditempuh oleh guru sebelum menentukan pilihan sumber pengajaran yang akan digunakan adalah mempelajari garis-garis besar program pengajaran, dengan cara ini guru akan dapat menghindari kesalahan memberikan materi pelajaran yang belum waktunya diajarkan berdasarkan urutan logisnya.
b.     Kondisi Lingkungan
Menginventarisasi sumber-sumber pengajaran yang ada baik di sekolah maupun di masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk pengajaran. Di samping itu juga, perlu diketahui oleh guru pihak-pihak mana saja yang harus dihubungi, bagaimana prosedurnya dan kapan saat yang tepat untuk menghubunginya.
c.      Karakteristik siswa
Unsur pokok dalam pengajaran adalah siswa yang harus menerima atau mencari informasi pengajaran, sehinga terjadi perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan pengajaran, oleh karena itu siswa harus dijadikan dasar pertimbangan di dalam pemilihan sumber pengajaran. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kesempurnaan fisik, kemampuan berfikir, emosi, interaksi sosial, tingkah laku, termasuk anak-anak yang berkelainan dari yang tunggal sampai ganda atau majemuk. Dengan demikian, guru tidak boleh memaksakan kehendak atau menyamakan siswa di dalam pembelajaran.
Agar sumber pengajaran yang digunakan sesuai dengan tingkat kelainan dan kemampuan siswa, minat, bakat, dsb, alangkah baiknya kalau pemilihan sumber pengajaran melibatkan ahli yang terkait seperti therapist, orang tua, termasuk siswa, psikolog, dokter dsb.
d.      Karakteristik Sumber Pengajaran

Ada sumber pengajaran yang cocok untuk pengajaran klasikal, tetapi ada juga sumber pengajaran khusus individual, ada sumber pengajaran yang tidak terbatas ruang dan tempat termasuk jumlah siswa yang banyak, tetapi ada pula sumber pengajaran yang dibatasi oleh ruang dan tempeh dan jumlah siswa pun terbatas. Ada pula sumber pengajaran yang bersifat elektrik sehingga penggunaannya dipengaruhi oleh aliran listrik dan sebaliknya dan masih banyak lagi sumber pengajaran yang lebih khusus sesuai dengan kebutuhan, dsb.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts