Jenis
permainan Cina Buta dapat pula diterapkan dalam pembelajaran di Taman
Kanak-Kanak khususnya bagi anak usia dini. Dunia bermain memang tidak
dapat dipisahkan dengan masa anak-anak. Bermain bagi anak sangat
berperan bagi masa tumbuh kembangnya. Menurut Tedjasaputra (2001) melalui
bermain anak akan memperoleh banyak keuntungan yang tidak sedikit. Dari permainan yang mereka lakukan atau
mainkan anak akan mendapat stimulasi yang cukup banyak. Stimulasi yang
diperoleh anak seharusnya tidak hanya sekedar stimulasi bagi kognisi saja
tetapi juga stimulasi bagi afeksinya. Bila salah satu aspek tidak diberi
kesempatan untuk berkembang, maka akan terjadi ketimpangan.
Bermain
merupakan jembatan anak dari belajar secara informal menjadi formal. Sebagai contoh,
pada awalnya saat bermain dengan balok-balok, anak mempelajari berbagai bentuk
geometris, mengetahui namanya, mengenali bentuknya, belajar berkonsentrasi dan
menekuni tugasnya. Pengenalan terhadap bentuk menjadi dasar bagi pengenalan
huruf atau angka. Bermain mempunyai banyak manfaat dalam mengembangkan
keterampilan anak sehingga anak lebih siap untuk menghadapi lingkungannya dan
lebih siap dalam mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi
(Tedjasaputra, 2001).
Karena
digunakan bagi anak usia dini maka permainan Cina Buta dimodifikasi sedemikian
rupa disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan anak usia dini. Selain itu adanya
modifikasi ini dilakukan disesuaikan pula dengan ketersediaan bahan dan media
yang akan digunakan. Modifikasi itu dilakukan juga disesuaikan pula dengan
aspek yang akan menjadi fokus dalam usaha mengembangkan kemampuan anak.
Adapun
modifikasi yang akan dilakukan adalah pada aturan permainannya. Yang biasanya pada
permainan Cina Buta anak meraba atau menebak siapa temannya maka pada permainan
ini digunakan bahan gabus yang dibentuk menjadi beberapa bentuk geometri
seperti lingkaran, segitiga, segiempat dll. Bahan yang digunakan dapat terbuat
dari gabus. Anak yang menjadi Cina Buta atau yang ditutup matanya menghampiri
teman yang memegang gabus tersebut dan menebak bentuk apa yang dipegangnya.
No comments:
Post a Comment