Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 1.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK PLUS AL-ADALAH
 

Semester/Minggu ke/ Hari ke            :   I / 1 / 4
Hari /tgl                          :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD                                   :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                             :   -      Aku ciptaan Tuhan
-        Menyayangi diri sendiri
-        Berani tampil di depan umum
-        Fungsi identitas diri
-        Pengenalan expresi wajah
-        Hobyku
-        Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                 :     Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Kue ulang tahun kecil
                                           -  Pensil,buku tulis
                                           -  Benda-benda
Karakter                          : Toleransi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.   Penerapan SOP pembukaan
2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
 
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-    Anak mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
Menanya
-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-    Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Angka berapa pada gambar itu ?
Anak laki-laki usia berapa ?
Anak perempuan usia berapa ?
Menalar / menggali informasi
-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai usia anak laki-laki dan perempuan.
-    Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
·    Berapa usia anak laki-laki itu?
·   Berapa usia anak perempuan itu ?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-    Anak dapat menghiasi kue ulang tahun
-    Anak dapat bercerita tentang kata ganti aku
-    Anak dapat memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya
-    Meniru menulis angka sesuai usia anak






C. RECALLING:
        1.   Merapikan alat-alat yang telah digunakan
        2.   Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
        3.   Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
        4.   Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
        5.   Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Berani tampil di depan temannya




Menyebutkan usia anak




Dapat memberi dan membalas salam




Keterampilan
Dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya




Dapat menghiasi kue ulang tahun




Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri




                     

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts