Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 2.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 


Semester/Minggu ke/Hari ke :   I / 2 / 4
Hari /tgl                          :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD                                   :  1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6– 3.11 -14.11.
Materi                             :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-        Berani tampil di depan umum
-        Mengurus diri sendiri
-        Anggota tubuhku
-        Menyisir rambut

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                : -  Sisir
                                          -  Kain perca, gambar pita
                                          -  Urutan pola
Karakter                          : Kreatif

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati gambar baju, rambut secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Pada bagian atas kepala ada apa ?
Apa yang harus dilakukan pada rambut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bagian kepala.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
·   Apa ciri-ciri anak laki-laki?
·   Apa ciri anak perempuan?
·   Ada berapa anak laki-laki di kelas ini?
·   Ada berapa anak perempuan di kelas ini?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat membuat kolase gambar baju dengan kain perca
-   Anak dapat menghubungkan gambar dengan tulisan
-   Anak dapat meneruskan pola bentuk : pita, bando
-   Anak dapat menyisir sendiri rambut sendiri








C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
                     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya




Dapat menyisir rambutnya sendiri




Keterampilan
Dapat membuat gambar dengan teknik kolase




Dapat meneruskan pola sesuai gambar




Dapat menghubungkan gambar dengan tulisan







No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts