Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 2.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
 

Semester/Minggu ke/Hari ke :   I / 2 / 5
Hari /tgl                          :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku/Tubuhku (kaki)
KD                                   :  1.1 – 2.5 – 2.8. – 2  .12. – 3  .12 – 4.12 – 3.14 – 14
Materi                             :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-        Berani tampil di depan umum
-        Mengurus diri sendiri
-        Nama-nama anggota tubuh
-        Memakai sepatu sendiri
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gunting
                                           -  Gambar sandal / sepatu
                                           -  Bola
Karakter                          : Kerja keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.  Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.  Menendang bola masuk gawang


B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar kaki secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Ada bagian apa saja pada kaki ?
Apa yang terdapat pada kaki bagian bawah?
Kaki biasanya menggunakan apa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kaki.
- Guru memberikan pertanyaan tentang bagian anggota tubuh yaitu kaki.
·      Apa ciri-ciri kaki anak laki-laki?
·      Apa ciri kaki anak perempuan?
·      Ada berapa sandal pada gambar ?
·      Ada berapa sepatu di kelas ini ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat melakukan 2-3 perintah
- Anak dapat menggunting gambar sandal/sepatu
- Anak dapat melengkapi suku kata pada gambar sandal
- Anak dapat menghitung dan memberi angka pada sandal/ sepatu






C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
                     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya




Dapat memakai sepatu sendiri




Keterampilan
Dapat menggunting gambar sepatu




Dapat menghitung sandal/sepatu




Dapat melengkapi suku kata dengan benar






No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts