Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 3.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 

Semester/Minggu ke/Hari ke :   I / 3 / 2
Hari /tgl                          :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku / Panca Indra (hidung)
KD                                   :  1. 1 – 2. 1 – 2 .5 – 3  .1 – 4.1 – 3. 11 – 14. 11 – 3 .12 – 4 .12 – 3 .14 – 4 .14
Materi                             :   -      Hidung Ciptaan Tuhan
-        Menjaga kebersihan diri
-        Berani tampil di depan umum
-        Menyanyi lagu panca indra
-        Pengenalan expresi wajah
-        Menggerakkan jari – jari tangan
-        Hobyku

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak
                                            -  Minyak wangi, minyak kayu putih, bunga dll
                                            -  Gambar botol minyak wangi
                                            -  Alat cocok
Karakter                          : Rasa Ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi tentang cara menjaga kebersihan hidung
6. Bermain  tebak-tebakan (bau)
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar hidung secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-     Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat  ?
Yang sebelah kanan gambar apa?
Yang sebelah kiri gambar apa ?
Menalar / menggali informasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai fungsi dan kegunaan hidung.
-       Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam bau/wangi.
·      Apa kegunaan hidung?
·      Bau yang disukai oleh anak?
·      Apa kegunaan minyak wangi ?
·      Ada berapa macam minyak wangi ?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat menyebutkan kembali fungsi dan kegunaan hidung
-       Anak dapat membedakan benda dari baunya
-       Anak dapat menghitung hasil penjumlahan dengan benda
-       Anak dapat mencocok gambar botol minyak wangi



C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna hidung




Dapat menceritakan cara membersihkan hidung




Dapat membedakan bau




Keterampilan
Dapat menghitung hasil penjumlahan dengan benda




Dapat mencocok gambar botol minyak wangi dengan rapi







No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts