Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu merupakan kajian yang bersifat reflektif
oleh pelaku tindakan, ditujukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari
tindakan mereka, memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, serta
memperbaiki praktik pembelajaran yang diselenggarakan (Asrori, 2007: 20).
Adapun definisi penelitian tindakan
kelas adalah sebagai berikut :
1. Menurut Elliot mengatakan bahwa penelitian tindakan kelas
merupakan sebuah situasi sosial dengan kemungkinan tindakan untuk memperbaiki
kualitas situasi sosial tersebut (Wiriaatmadja, 2005:12).
Desain penelitian
terdiri dari beberapa tahapan yang terdapat dalam siklus-siklus kegiatan. Tahap-tahap tersebut membentuk siklus sehingga dapat dilanjutkan pada
siklus berikutnya dengan keempat tahap PTK tersebut secara berdaur ulang,
berdasarkan hasil refleksi pada siklus sebelumnya, sampai suatu permasalahan
dianggap teratasi. Jumlah siklus dalam suatu penelitian tindakan
bergantung pada apakah masalah yang dihadapi telah terpecahkan, mungkin
diperlukan tiga siklus atau lebih sebagaimana
(Aryani, 2011: 21).
2. Menurut Hopkins penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang
mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, suatu tindakan
yang dilakukan dalam disiplin inkuiri, atau suatu usaha seseorang untuk
memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan
dan perubahan (Wiriaatmadja, 2005:11).
3. Menurut Levin (Wiriatmadja, 2005:11), mengemukakan bahwa Penelitian
tindakan kelas untuk membantu seseorang dalam mengatasi secara praktis
persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan
ilmu sosial dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama. Desain
penelitian merupakan bagian dari perencanaan penelitian yang menunjukan usaha
peneliti dalam melihat apakah penelitian yang direncanakan telah memiliki
validitas internal dan validitas eksternal yang komprehensif.
Penelitian tindakan kelas (PTK)
termasuk model penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja
bersifat kuantitatif. PTK berbeda dengan penelitian formal yang bertujuan untuk
menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum (general). PTK lebih
bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual, dan hasilnya tidak
untuk digeneralisasi. Namun demikian, hasil PTK dapat saja diterapkan oleh
orang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimiliki oleh peneliti
(Asmani, 2011:27).
Penelitian tindakan kelas yang
dilakukan seorang guru merupakan kegiatan reflektif dalam berpikir dan
bertindak dari guru. Kegiatan reflektif dalam penelitian tindakan kelas
(Wiriaatmadja, 2005:12) adalah Pengalaman pendidikan sebagai selalu aktif,
ulet, dan selalu mempertimbangkan segala bentuk pengetahuan yang akan diajarkan
berdasarkan keyakinan adanya alasan-alasan yang mendukung dan memikirkan kesimpulan
dan akibat-akibatnya ke mana pengetahuan itu akan membawa peserta didik.
Menurut Ebbut (dalam Ekawarna, 2011:5) Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian
sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok
guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan
refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.
Sedangkan pendekatannya digunakan pendekatan kualitatif yakni suatu penelitian yang mendasarkan diri
kepada fakta dan analisis perbandingan yang bertujuan untuk mengadakan
generalisasi empirik, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan
mengembangkannya serta pengumpulan data dan analisis datanya berjalan pada
waktu yang bersamaan (Ekawarna, 2011:5).
Langkah-langkah
yang dilakukan dalam penelitian ini disusun dalam empat tahapan, yakni a) tahap perencanaan tindakan, b)
tahap tindakan pelaksanaan, c) tahap pengamatan atau observasi, dan d) tahap refleksi yang
masing-masing dilakukan melalui dua siklus.
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian dalam
bidang sosial, yang menggunakan refleksi diri sebagai metode utama, dilakukan
oleh orang yang terlibat di dalamnya. Desain adalah rancangan suatu kegiatan
yang akan dilakukan. Desain penelitian adalah rancangan dari kegiatan
penelitian yang akan dilaksanakan oleh seorang peneliti.
No comments:
Post a Comment