Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, February 25, 2020

Model Penelitian Tindakan Kelas



Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu merupakan kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, ditujukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka, memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki praktik pembelajaran yang diselenggarakan (Asrori, 2007: 20).
Adapun definisi penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut :
1.   Menurut Elliot mengatakan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan sebuah situasi sosial dengan kemungkinan tindakan untuk memperbaiki kualitas situasi sosial tersebut (Wiriaatmadja, 2005:12).
Desain penelitian terdiri dari beberapa tahapan yang terdapat dalam siklus-siklus kegiatan. Tahap-tahap tersebut membentuk siklus sehingga dapat dilanjutkan pada siklus berikutnya dengan keempat tahap PTK tersebut secara berdaur ulang, berdasarkan hasil refleksi pada siklus sebelumnya, sampai suatu permasalahan dianggap teratasi. Jumlah siklus dalam suatu penelitian tindakan bergantung pada apakah masalah yang dihadapi telah terpecahkan, mungkin diperlukan tiga siklus atau lebih sebagaimana  (Aryani, 2011: 21).
2.   Menurut Hopkins penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan (Wiriaatmadja, 2005:11).
3.   Menurut Levin (Wiriatmadja, 2005:11), mengemukakan bahwa Penelitian tindakan kelas untuk membantu seseorang dalam mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dengan kerjasama dalam kerangka etika yang disepakati bersama. Desain penelitian merupakan bagian dari perencanaan penelitian yang menunjukan usaha peneliti dalam melihat apakah penelitian yang direncanakan telah memiliki validitas internal dan validitas eksternal yang komprehensif.
Penelitian tindakan kelas (PTK) termasuk model penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. PTK berbeda dengan penelitian formal yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum (general). PTK lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual, dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian, hasil PTK dapat saja diterapkan oleh orang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimiliki oleh peneliti (Asmani, 2011:27).
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan seorang guru merupakan kegiatan reflektif dalam berpikir dan bertindak dari guru. Kegiatan reflektif dalam penelitian tindakan kelas (Wiriaatmadja, 2005:12) adalah Pengalaman pendidikan sebagai selalu aktif, ulet, dan selalu mempertimbangkan segala bentuk pengetahuan yang akan diajarkan berdasarkan keyakinan adanya alasan-alasan yang mendukung dan memikirkan kesimpulan dan akibat-akibatnya ke mana pengetahuan itu akan membawa peserta didik.
Menurut Ebbut (dalam Ekawarna, 2011:5) Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.
Sedangkan pendekatannya digunakan pendekatan kualitatif  yakni suatu penelitian yang mendasarkan diri kepada fakta dan analisis perbandingan yang bertujuan untuk mengadakan generalisasi empirik, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkannya serta pengumpulan data dan analisis datanya berjalan pada waktu yang bersamaan (Ekawarna, 2011:5).
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini disusun dalam empat tahapan, yakni a) tahap  perencanaan  tindakan, b)  tahap  tindakan  pelaksanaan, c) tahap pengamatan atau observasi, dan d) tahap refleksi yang masing-masing dilakukan melalui dua siklus.
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian dalam bidang sosial, yang menggunakan refleksi diri sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya. Desain adalah rancangan suatu kegiatan yang akan dilakukan. Desain penelitian adalah rancangan dari kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan oleh seorang peneliti.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts