RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK 
Semester/Minggu
ke/Hari ke :   I / 1 / 5
Hari
/tgl                          :  
Kelompok
usia                :   B
Tema/sub
tema                :   Diriku /Identitas diri (alamat)
KD                                   :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11–
3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                             :   -     
Aku ciptaan Tuhan
-       
Menjaga kebersihan diri
-       
Berani tampil di depan umum
-       
Fungsi identitas diri
-       
Pengenalan expresi wajah
-       
Hobyku
-       
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan
main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat
dan bahan                :  -  Pensil,
kertas, gunting 
                                           -  Buku gambar
                                           - 
Kursi 
Karakter                          :  Peduli Sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.   Penerapan SOP pembukaan
2.   Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan,
mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media
untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan
sub tema
3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan
yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Aktivitas 
 | 
 
| 
   
Mengamati 
 | 
  
   
-       Anak
  mengamati gambar jalan menuju sekolah 
 | 
 
| 
   
Menanya 
 | 
  
   
-       Guru
  memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
  telah diamati 
-       Dalam
  keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
  diamati. 
Apakah bentuk gambar tersebut ? 
Apa nama alamat rumahmu ? 
Dimana alamat rumahmu ? 
 | 
 
| 
   
Menalar / menggali informasi 
 | 
  
   
-       Guru
  memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
  mengenai alamat rumah. 
-       Guru
  memberikan pertanyaan tentang alamat rumah. 
·      Dimana
  alamat rumahmu? 
·      Di daerah
  mana rumahmu? 
 | 
 
| 
   
Menyimpulkan 
 | 
  
   
-       Guru menyimpulkan
  informasi yang sudah terkumpul 
 | 
 
| 
   
Mengkomunikasikan 
 | 
  
   
-       Anak
  dapat menyebutkan kembali alamat rumahnya 
-       Anak dapat membuat
  kartu nama 
-       Anak
  dapat meniru bentuk huruf 
 | 
 
C. RECALLING:
1.    
Merapikan alat-alat yang telah
digunakan
2.    
Diskusi tentang perasaan diri
selama melakukan kegiatan bermain
3.    
Bila ada perilaku yang kurang
tepat harus didiskusikan bersama
4.    
Menceritakan dan menunjukkan
hasil karyanya
5.    
Penguatan pengetahuan yang
didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
| 
   
KI 
 | 
  
   
INDIKATOR
  PENCAPAIAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
HASIL
  PENILAIAN 
 | 
 |||
| 
   
BB 
 | 
  
   
MB 
 | 
  
   
BSH 
 | 
  
   
BSB 
 | 
 ||
| 
   
Sikap Spiritual 
 | 
  
   
Mensyukuri
  bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Sikap Sosial 
 | 
  
   
Menggunakan
  kata sopan pada saat bertanya 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Berani
  tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Menyebutkan
  alamat rumah dengan lengkap 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
Dapat
  menyebutkan huruf vokal 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
Keterampilan 
 | 
  
   
Dapat
  membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Dapat
  membuat bentuk kartu nama alamat rumah 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
Dapat
  melompat dari kursi 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
No comments:
Post a Comment