Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

KETRAMPILAN DASAR IPS




A.    PENGERTIAN DASAR KETERAMPILAN IPS

IPS merupakan suatu kajian integrasi dari ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu kemanusiaan untuk emningkatkan kemampuan kewarganegaraan (civic competence). Pendidikan IPS terdiri atas bahan  pilihan yang sudah disederhanakan dan diorganisasikan secara psikologis dan ilmiah untuk kepentingan tujuan pendidikan. Tujuan ilmu pengetahuan sosial ialah membantu generasi muda dalam mengembangkan kemampuan membuat keputusan yang informatif dan rasional bagi kebaikan masyarakat sebagai warga negara dari sebuah dunia yang berbudaya majemuk, bermasyarakat demokratis yag memiliki ketergantungan satu sama lain (NCSS, 1994).
Dalam pembelajaran IPS hal yang paling penting adalah berkaitan dalam hubungan antar manusia.


B.     KLASIFIKASI KETERAMPILAN DASAR  IPS
Keterampilan dasar IPS dapat di klasifikasikan  kedalam beberapa kategori. Naum secara umum dapat terbagi atas (1) work study skills, contohnya adalah membaca, membuat out-line, membaca peta, dan menginterpretasikan grafik; (2) Group-process skills; contohnya adalah berfikir kritis dan pemecahan masalah; serta (3) social-living skills; contohnya adalah tanggung jawab, bekerja sama dengan orang lain, hidup dan bekerja sama dalam suatu kelompok.
Oleh karena itu ketrampilan IPS merupakan dasar seseorang untuk dapat berhubungan dengan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat maka NCSS (1971) mengemukakan bahwa terdapat beberapa keterampilan yang seyogyanya dapat dimiliki, antara lain (1) keterampilan penelitian (research skills), (2) keterampilan berfikir (thinking skills), (3) keterampilan berkomunikasi (communication skills), dan (4) keterampilan penelitain diperlukan untuk mengumpulkan data, seperti berikut ini.

  1. Mengidentifikasi dan mengklasifikasi data.
  2. Mengumpulkan dan mengorganisasi data.
  3. Menginterpretasikan data.
  4. Menganalisis data
  5. Mengevaluasi hasil
  6. Menggeneralisasi hasil.
  7. Mengaplikasikan pada konteks yang lain.
  8.  
Keterampilan berfikir dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pemecahan masalah dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial. Yang termasuk kedalam keterampilan berfikir yang dapat di kembangkan guru dalam pembelajaran, antara lain berikut ini :

  1. Menetapkan sebab dan akibat
  2. Mengevaluasi fakta
  3. Memprediksi
  4. Menyarankan konsekuensi-konsekuensi dari suatu fenomena.
  5. Meramalkan amsa depan.
  6. Menyarankan alternatif pemecahan amsalah.
  7. Mampu memandang sesuatu dari perspektif yang berbeda
keterampilan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat di perlukan untuk dapat melatih bagaimana seseorang dapat berhubungan dan bekerja sama dengan orang lain.
Keterampilan yang termasuk kedalam keterampilan partisipasi sosial, antara lain berikut ini :

  1. Mengidentifikasi Konsekuensi dari tindakan seseorang dan dampaknya terhadap orang lain.
  2. Memperlihatkan kebaikan dan perhatian terhadap orang lain.
  3. berbagi tugas dan membangun kerja sama dengan orang lain.
  4. memfungsikan keanggotaan dan sebuah kelompk
  5. mengadopsi beberapa variasi dari epran dalam kelompok
  6. terbuka terhadap kritik dan saran.

Keterampilan berkomunikasi diperlukan  agar siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk memahami orang lain melalui komunikasi.
Beberapa diantaranya yang termasuk keterampilan untuk menunjang berkomunikasi adalah :
  1. pemahaman tentang lambang dan sistem lambang, seperti warna dalam peta dan lambang >, = . + dalam matematika.
  2. pemahaman tentang aturan dan ketentuan yang terkaitkan dengan sarana komunikasi
  3. pengungkapan gagasan secara jelas dan kreatif melalui berbagai bentuk komunikasi.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts