A.
PENGERTIAN DASAR
KETERAMPILAN IPS
IPS merupakan
suatu kajian integrasi dari ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu kemanusiaan untuk
emningkatkan kemampuan kewarganegaraan (civic competence). Pendidikan IPS
terdiri atas bahan pilihan yang sudah disederhanakan dan diorganisasikan
secara psikologis dan ilmiah untuk kepentingan tujuan pendidikan. Tujuan ilmu
pengetahuan sosial ialah membantu generasi muda dalam mengembangkan kemampuan
membuat keputusan yang informatif dan rasional bagi kebaikan masyarakat sebagai
warga negara dari sebuah dunia yang berbudaya majemuk, bermasyarakat demokratis
yag memiliki ketergantungan satu sama lain (NCSS, 1994).
Dalam
pembelajaran IPS hal yang paling penting adalah berkaitan dalam hubungan antar
manusia.
B.
KLASIFIKASI
KETERAMPILAN DASAR IPS
Keterampilan
dasar IPS dapat di klasifikasikan kedalam beberapa kategori. Naum secara
umum dapat terbagi atas (1) work study skills, contohnya adalah membaca,
membuat out-line, membaca peta, dan menginterpretasikan grafik; (2)
Group-process skills; contohnya adalah berfikir kritis dan pemecahan masalah;
serta (3) social-living skills; contohnya adalah tanggung jawab, bekerja sama
dengan orang lain, hidup dan bekerja sama dalam suatu kelompok.
Oleh karena itu
ketrampilan IPS merupakan dasar seseorang untuk dapat berhubungan dengan orang
lain dalam kehidupan bermasyarakat maka NCSS (1971) mengemukakan bahwa terdapat
beberapa keterampilan yang seyogyanya dapat dimiliki, antara lain (1)
keterampilan penelitian (research skills), (2) keterampilan berfikir (thinking
skills), (3) keterampilan berkomunikasi (communication skills), dan (4)
keterampilan penelitain diperlukan untuk mengumpulkan data, seperti berikut
ini.
- Mengidentifikasi dan
mengklasifikasi data.
- Mengumpulkan dan
mengorganisasi data.
- Menginterpretasikan data.
- Menganalisis data
- Mengevaluasi hasil
- Menggeneralisasi hasil.
- Mengaplikasikan pada konteks
yang lain.
-
Keterampilan
berfikir dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pemecahan masalah dan
berpartisipasi dalam kehidupan sosial. Yang termasuk kedalam keterampilan
berfikir yang dapat di kembangkan guru dalam pembelajaran, antara lain berikut
ini :
- Menetapkan sebab dan akibat
- Mengevaluasi fakta
- Memprediksi
- Menyarankan
konsekuensi-konsekuensi dari suatu fenomena.
- Meramalkan amsa depan.
- Menyarankan alternatif
pemecahan amsalah.
- Mampu memandang sesuatu dari
perspektif yang berbeda
keterampilan
berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat di perlukan untuk dapat melatih
bagaimana seseorang dapat berhubungan dan bekerja sama dengan orang lain.
Keterampilan yang
termasuk kedalam keterampilan partisipasi sosial, antara lain berikut ini :
- Mengidentifikasi Konsekuensi
dari tindakan seseorang dan dampaknya terhadap orang lain.
- Memperlihatkan kebaikan dan
perhatian terhadap orang lain.
- berbagi tugas dan membangun
kerja sama dengan orang lain.
- memfungsikan keanggotaan dan
sebuah kelompk
- mengadopsi beberapa variasi
dari epran dalam kelompok
- terbuka terhadap kritik dan
saran.
Keterampilan
berkomunikasi diperlukan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk
memahami orang lain melalui komunikasi.
Beberapa
diantaranya yang termasuk keterampilan untuk menunjang berkomunikasi adalah :
- pemahaman tentang lambang dan
sistem lambang, seperti warna dalam peta dan lambang >, = . + dalam
matematika.
- pemahaman tentang aturan dan
ketentuan yang terkaitkan dengan sarana komunikasi
- pengungkapan gagasan secara
jelas dan kreatif melalui berbagai bentuk komunikasi.
No comments:
Post a Comment