Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, February 24, 2020

Pidato tentang masalah pendidikan yang berkaitan dengan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Seraya berdoa, limpahan rahmat salam semoga senantiasa tetap dilimpahkan kepada Nabi terakhir, Muhammad Sallallahu alaihi wa salam. Demikian pula kepada para keluarga dan sahabatnya.
Para hadirin yang saya hormati.
Marilah bersama-sama kita membaca kalimah BASMALLAH, sebagai pembuka acara ini, Bismillahi rahmanirahim.
            Terlebih dahulu kami panjatkan syukur Alhamdulillah, bahwa pada hari ini kami dalam keadaan sehat wal afiyat, sehingga dapat menghormati kehadiran para hadirin sekalian.
            Selanjutnya, sungguh merupakan kehormatan untuk hadir memenuhi undangan kami. Untuk itu saya menghaturkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.
            Para hadirin yang terhormat.
Hari ini saya akan menjelaskan tentang masalah pendidikan yang berkaitan dengan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran.
            Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem pembelajaran, diantaranya faktor guru, faktor, siswa, sarana, alat dan media yang tersedia, serta faktor lingkungan.
            Pertama, faktor guru, guru adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran. Tanpa guru, kita tidak akan berhasil, layaknya seorang prajurit di medan pertempuran. Keberhasilan itu tergantung kepiawayan guru dalam menggunakan metode, teknik dan taktik pembelajaran.
            Bapak dan Ibu yang saya hormati.
Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya berperan sebagai model atau teladan bagi siswa yang diajarnya tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran. Dengan demikian efektivitas proses pembelajaran terletak di pundak guru. Oleh karena itu keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau kemampuan guru.
“One underlying emphasis should be noticeable. That the quality of the teacher is the essential, constant feature in the success of any educational system”
            Kedua faktor siswa, siswa adalah organisme yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembangan. Perkembangan masing-masing anak pada setiap aspek tidak selalu sama. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama itu, di samping karakteristik lain yang melekat pada diri anak itu.
            Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek latar belakang siswa meliputi : jenis kelamin siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal, tingkat sosial ekonomi, dari keluarga yang bagaimana siswa berasal. Sedangkan sifat yang dimiliki siswa meliputi kemampuan dasar, pengetahuan dan sikap.
            Ketiga faktor sarana dan prasarana. Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah, sedangkan prasarana adalah sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Misalnya jalan menuju sekolah, penerangan, kamar kecil, dll.
            Kelengkapan sarana dan prasarana akan membantu guru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran kelengkapan sarana dan prasarana dapat menumbuhkan gairah dan motivasi guru mengajar. Ketersediaan sarana yang lengkap memungkinkan guru memiliki berbagai pilihan yang dapat digunakan untuk melaksanakan fungsi mengajarnya.
            Keempat faktor lingkungan, dilihat dari dimensi lingkungan ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran yaitu organisasi di kelas dan faktor iklim sosial-psikologis. Organisme kelas yang terlalu besar akan kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kelompok belajar yang besar dalam suatu kelas berkecenderungan ; sumber daya kelompok akan bertambah luas dengan jumlah siswa, kelompok belajar akan kurang mampu memanfaatkan dan menggunakan semua sumber daya yang ada, kepuasan belajar siswa akan cenderung menurun, dll.
            Sekolah yang mempunyai hubungan yang baik secara internal, yang ditunjukkan oleh kerjasama antar guru, saling menghargai dan saling membantu, maka memungkinkan iklim belajar menjadi sejuk dan tenang sehingga akan berdampak pada motivasi belajar siswa.
            Oleh karena itu para hadirin, sekolah yang memiliki hubungan yang baik dengan lembaga-lembaga di luar akan menambah kelancaran program-program sekolah, sehingga upaya-upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akan mendapat dukungan dari pihak lain.
            Para hadirin yang terhormat.
Demikianlah sepatah dua patah kata dalam mengisi acara ini, mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ada manfaatnya. Amin ya rabbal alamin.
            Segala kekurangan, kekhilafan dan apapun yang kami sampaikan yang tidak berkenan di hati para bapak dan ibu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.  


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts