Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Seraya berdoa,
limpahan rahmat salam semoga senantiasa tetap dilimpahkan kepada Nabi terakhir,
Muhammad Sallallahu alaihi wa salam. Demikian pula kepada para keluarga dan
sahabatnya.
Para hadirin yang saya hormati.
Marilah
bersama-sama kita membaca kalimah BASMALLAH, sebagai pembuka acara ini,
Bismillahi rahmanirahim.
Terlebih dahulu kami panjatkan
syukur Alhamdulillah, bahwa pada hari ini kami dalam keadaan sehat wal afiyat,
sehingga dapat menghormati kehadiran para hadirin sekalian.
Selanjutnya, sungguh merupakan
kehormatan untuk hadir memenuhi undangan kami. Untuk itu saya menghaturkan
ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Para hadirin yang terhormat.
Hari ini saya
akan menjelaskan tentang masalah pendidikan yang berkaitan dengan faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran.
Terdapat beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi kegiatan proses sistem pembelajaran, diantaranya faktor guru,
faktor, siswa, sarana, alat dan media yang tersedia, serta faktor lingkungan.
Pertama, faktor guru, guru adalah
komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran.
Tanpa guru, kita tidak akan berhasil, layaknya seorang prajurit di medan
pertempuran. Keberhasilan itu tergantung kepiawayan guru dalam menggunakan
metode, teknik dan taktik pembelajaran.
Bapak dan Ibu yang saya hormati.
Dalam proses
pembelajaran, guru tidak hanya berperan sebagai model atau teladan bagi siswa
yang diajarnya tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran. Dengan demikian
efektivitas proses pembelajaran terletak di pundak guru. Oleh karena itu
keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau
kemampuan guru.
“One underlying
emphasis should be noticeable. That the quality of the teacher is the
essential, constant feature in the success of any educational system”
Kedua faktor siswa, siswa adalah
organisme yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembangan.
Perkembangan masing-masing anak pada setiap aspek tidak selalu sama. Proses
pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama itu, di
samping karakteristik lain yang melekat pada diri anak itu.
Faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek latar belakang siswa
meliputi : jenis kelamin siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal, tingkat
sosial ekonomi, dari keluarga yang bagaimana siswa berasal. Sedangkan sifat
yang dimiliki siswa meliputi kemampuan dasar, pengetahuan dan sikap.
Ketiga faktor sarana dan prasarana.
Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran
proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran,
perlengkapan sekolah, sedangkan prasarana adalah sesuatu yang secara tidak
langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Misalnya jalan
menuju sekolah, penerangan, kamar kecil, dll.
Kelengkapan sarana dan prasarana
akan membantu guru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran kelengkapan sarana
dan prasarana dapat menumbuhkan gairah dan motivasi guru mengajar. Ketersediaan
sarana yang lengkap memungkinkan guru memiliki berbagai pilihan yang dapat
digunakan untuk melaksanakan fungsi mengajarnya.
Keempat faktor lingkungan, dilihat
dari dimensi lingkungan ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses
pembelajaran yaitu organisasi di kelas dan faktor iklim sosial-psikologis.
Organisme kelas yang terlalu besar akan kurang efektif untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Kelompok belajar yang besar dalam suatu kelas berkecenderungan ;
sumber daya kelompok akan bertambah luas dengan jumlah siswa, kelompok belajar
akan kurang mampu memanfaatkan dan menggunakan semua sumber daya yang ada,
kepuasan belajar siswa akan cenderung menurun, dll.
Sekolah yang mempunyai hubungan yang
baik secara internal, yang ditunjukkan oleh kerjasama antar guru, saling
menghargai dan saling membantu, maka memungkinkan iklim belajar menjadi sejuk
dan tenang sehingga akan berdampak pada motivasi belajar siswa.
Oleh karena itu para hadirin,
sekolah yang memiliki hubungan yang baik dengan lembaga-lembaga di luar akan
menambah kelancaran program-program sekolah, sehingga upaya-upaya sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran akan mendapat dukungan dari pihak lain.
Para hadirin yang terhormat.
Demikianlah
sepatah dua patah kata dalam mengisi acara ini, mudah-mudahan apa yang kami
sampaikan ada manfaatnya. Amin ya rabbal alamin.
Segala kekurangan, kekhilafan dan
apapun yang kami sampaikan yang tidak berkenan di hati para bapak dan ibu kami
mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
No comments:
Post a Comment