Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

PERKEMBANGAN SISWA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR IPS



Piaget mengemukakan bahwa anak-anak berkembang sementara menjadi matang dan memperoleh pengalaman baru dari sekitarnya. Mereka menempuh serangkaian perkembangan intelektual yang memperlihatkan kualitas ssuai denagn pengalaman yang diperoleh. Semakin bervariasi lingkungan maka sekain bervariasi pengalaman yang diperoleh yang berarti juga semakin baik kualitas intelektualnya diidentifikasi pada setiap aspek perkembangan sebagai berikut :
Perkembangan fisik psikomotorik: pertumbuhan fisik telah mencapai kematangan, anak mampu mengontrol tubuh dan keseimbangan, melakukan berbagai aktifitas dan keterampilan fisik yang ebrhubungan dengan berbagai variasi memgang benda dan berjalan, membaca, duduk dan mendengarkan dalam periode waktu yang cukup lama.
Perkembangan kogitif-bahasa: kemampuan mental anak berada pada tahap praoperasional  menuju operasional konkret. Anak memiliki kemampuan untuk berfikir tentangs esuatu dan menyelesaikan permasalahan dengan pemikiran karena telah dapat memanipulasi objek-objek simbolik. Anak mampu menggunakan pemikiran untuk emmberikan penilaian atau membuat keputusan.
Keterampilan kognitif yang dimiliki anak adalah : mengkladifikasi, konservasi, merangkai, mengurut, membandingkan memahami perbedaan waktu, memahami hubungan, mengorganisasi dan mengingat informasi, mengenal tindakan, mengenal objek, mengenal perubahan dimensi serta membuat hipotesa sederhana.
Perkembangan psikososial, emosional, dan moral: ditandai dengan pertanyaan anak yang terfokus pada “apa yang dapat saya lakukan sendiri”. Anak sangat berminat terhadap teman sebaya.
Pengembangan perasaan diri yang positif mendorong anak mampu mengembangkan konsep diri yang positif, memahami peran dan posisi diri serta melakukan penyesuaian diri.

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR IPS

Terdapat benang merah yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan IPS, yaitu pertama, keterampilan utama dalam kronologi, dan aplikasi keterampilan berfikir dalam menanggapi isu dan sepeti menentukan lokasi, membaca, mengorganisasi, menaksir, dan mengkomunikasikan informasi.
A.    PRINSIP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DASAR IPS
Terdapat beberapa prinsip dasar yang seyogyanya diperhatikan, antara lain :
  1. Keterampilan dasar IPS harus diberikan sebagai bagian dari sbuahtopik pembelajaran,bukan merupakan hal yang terpisah.
  2. Siswa sebaiknya diberikan pemahaman tentang arti dan tujuan keterampilan tersebut agar termotivasi untuk mengembangkannya.
  3. Pemoddelan berupa contoh yang baik sebaiknya diberikan, serta siswa dipandu untuk menggunakan keterampilan dasar tersebut sehingga dapat mengembangkan kebiasaan yang baik sejak awal.
  4. Siswa memerlukan peluang yang ebrulang-ulang untuk mempraktekkan keterampilan. Dalam hal ini, guru memberikan koreksi dan penguatan langsung atas kinerja mereka sehingga siswa mengetahui apakah sudah berhasil atau maih memerlukan beberapa perbaikan.
  5. Pada pengembangan keterampilan dasar IPS, siswa memerlukan bantuan individual karena tidak semua siswa memiliki kecepatan yang sama dalam hal penguasaan keterampilan yang dipelajari.
  6. Pembelajaran ketrampilan dasar IPS sebaiknya disajikan dengan cara muali dari yang paling mudah menuju ke tingkat yang lebih sulit, dimulai dari yang sederhana sampai pada yang lebih rumit.
  7. Siswa sebaiknya dibantu untuk menggeneralisasikan keterampilan-keterampilan yang telah mereka peroleh dengan mepraktekkannya pada berbagai keadaan.
  8. Program pembelajaran sebaiknya luwes agar memungkinkan keterampilan dapat diajarkan sesuai dengan keperluan siswa. Dalam hal ini, disarankan dalam satu kegiatan pembelajaran dapat dikembanagkan beberapa keterampilan sekaligus.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts