Piaget
mengemukakan bahwa anak-anak berkembang sementara menjadi matang dan memperoleh
pengalaman baru dari sekitarnya. Mereka menempuh serangkaian perkembangan
intelektual yang memperlihatkan kualitas ssuai denagn pengalaman yang
diperoleh. Semakin bervariasi lingkungan maka sekain bervariasi pengalaman yang
diperoleh yang berarti juga semakin baik kualitas intelektualnya diidentifikasi
pada setiap aspek perkembangan sebagai berikut :
Perkembangan
fisik psikomotorik: pertumbuhan fisik telah mencapai kematangan, anak mampu
mengontrol tubuh dan keseimbangan, melakukan berbagai aktifitas dan
keterampilan fisik yang ebrhubungan dengan berbagai variasi memgang benda dan
berjalan, membaca, duduk dan mendengarkan dalam periode waktu yang cukup lama.
Perkembangan
kogitif-bahasa: kemampuan mental anak berada pada tahap praoperasional
menuju operasional konkret. Anak memiliki kemampuan untuk berfikir tentangs
esuatu dan menyelesaikan permasalahan dengan pemikiran karena telah dapat
memanipulasi objek-objek simbolik. Anak mampu menggunakan pemikiran untuk
emmberikan penilaian atau membuat keputusan.
Keterampilan
kognitif yang dimiliki anak adalah : mengkladifikasi, konservasi, merangkai,
mengurut, membandingkan memahami perbedaan waktu, memahami hubungan,
mengorganisasi dan mengingat informasi, mengenal tindakan, mengenal objek,
mengenal perubahan dimensi serta membuat hipotesa sederhana.
Perkembangan
psikososial, emosional, dan moral: ditandai dengan pertanyaan anak yang
terfokus pada “apa yang dapat saya lakukan sendiri”. Anak sangat berminat
terhadap teman sebaya.
Pengembangan
perasaan diri yang positif mendorong anak mampu mengembangkan konsep diri yang
positif, memahami peran dan posisi diri serta melakukan penyesuaian diri.
MENGEMBANGKAN
KETERAMPILAN DASAR IPS
Terdapat benang
merah yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan IPS, yaitu pertama,
keterampilan utama dalam kronologi, dan aplikasi keterampilan berfikir dalam
menanggapi isu dan sepeti menentukan lokasi, membaca, mengorganisasi, menaksir,
dan mengkomunikasikan informasi.
A.
PRINSIP
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DASAR IPS
Terdapat beberapa
prinsip dasar yang seyogyanya diperhatikan, antara lain :
- Keterampilan dasar IPS harus
diberikan sebagai bagian dari sbuahtopik pembelajaran,bukan merupakan hal
yang terpisah.
- Siswa sebaiknya diberikan
pemahaman tentang arti dan tujuan keterampilan tersebut agar termotivasi
untuk mengembangkannya.
- Pemoddelan berupa contoh yang
baik sebaiknya diberikan, serta siswa dipandu untuk menggunakan
keterampilan dasar tersebut sehingga dapat mengembangkan kebiasaan yang
baik sejak awal.
- Siswa memerlukan peluang yang
ebrulang-ulang untuk mempraktekkan keterampilan. Dalam hal ini, guru
memberikan koreksi dan penguatan langsung atas kinerja mereka sehingga
siswa mengetahui apakah sudah berhasil atau maih memerlukan beberapa
perbaikan.
- Pada pengembangan keterampilan
dasar IPS, siswa memerlukan bantuan individual karena tidak semua siswa
memiliki kecepatan yang sama dalam hal penguasaan keterampilan yang
dipelajari.
- Pembelajaran ketrampilan dasar
IPS sebaiknya disajikan dengan cara muali dari yang paling mudah menuju ke
tingkat yang lebih sulit, dimulai dari yang sederhana sampai pada yang
lebih rumit.
- Siswa sebaiknya dibantu untuk
menggeneralisasikan keterampilan-keterampilan yang telah mereka peroleh
dengan mepraktekkannya pada berbagai keadaan.
- Program pembelajaran sebaiknya
luwes agar memungkinkan keterampilan dapat diajarkan sesuai dengan
keperluan siswa. Dalam hal ini, disarankan dalam satu kegiatan
pembelajaran dapat dikembanagkan beberapa keterampilan sekaligus.
No comments:
Post a Comment