Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR


Beberapa model pembelajaran yang dapat mendukung dalam mengembangkan keterampilan dasar IPS.
  1. Diskusi
Kegiatan diskusi yang menyenangkan dapat dipenuhi dengan (a) pengelompokkan arti istilah dan pernyataan, (b) mengadakan pemahaman bersama dalam suatu kelompok (c) berbagai pengetahuan dan pengalaman, (d) membantu siswa memahami informasi baru, (e) mengidentifikasi berbagai opini dan pandangan, serta (f) bekerja sama dalam pemecahan masalah.
  1. Penyelidikan Terbimbing
Penyelidika terbimbing akan efektif jika mengikuti serangkaian langkah berikut (a) siswa memilih atau diberi topik yang perlu diselidiki atau diteliti, (b) mengumpulkan informasi yang mereka perlukan, (c) menganalisis informasi yang telah mereka perlukan, dan (d) menyajikan sebuah laporan tentang temuan-temuan penyelidikan tersebut presentasi di kelas, serangkaian gambar, diagram, dan grafik dinding, atau laporan tertulis.
  1. Model Pemecahan Masalah
Model ini dapat digunakan dalam mengembangkan keterampilan dasar IPS karena dapat menarik minat siswa untuk memecahkan masalah-masalah yang terdapat di sekitar siswa. Dalam model pemecahan masalah ini, tahap-tahap dalam penyelesaian berbeda-beda sesuai dengan permasalahan yang bersangkutan. Namun demikian secara umum, tahapan-tahapan diurutkan sebagai berikut :
a.       Identifikasi Masalah
b.      Survei Masalah
c.       Definisi Masalah
d.      Fokus Masalah
e.       Analisis Faktor-faktor Penyebab
f.       Pemecahan Masalah.
  1. Kerja Kelompok
Melalui kerja kelompok siswa diberi peluang untuk menentukan tujuan, mengajukan dan menyelidiki, penjelasan konsep, dan membahas masalah. Menjadi bagian dari suatu kelompok akan menumbuhkan rasa saling memiliki, saling menghormati, dan tanggung jawab. Sikap dan perilaku serta keterbukaan pikiran, tanggung jawab, kerja sama, dan perhatian pada orang lain juga dapat dikembangkan. Kerja kelompok yang baik memerlukan persiapan yang cermat dan dipakai hanya untuk berikut ini :
a.       Kegiatan yang memiliki sasaran yang jelas yang dapat dilakukan dengan lebih baik oleh suatu kelompok dibandingkan oleh perseorangan.
b.      Kegiatan dimana semua anggota kelompok yang bersangkutan dapat diberi tugas berguna yang harus dilaksanakan.
c.       Apabila semua anggota kelompok tersebut memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas yang telah diberikan kepada mereka.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts