Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, February 26, 2020

Pendidikan Nilai dalam Konsep Etika



Objek ilmu pengetahuan ialah dunia fenomenal, dan metode pendekatannya berdasarkan pada pengalaman (experience) dengan mempergunakan berbagai cara, seperti observasi, eksperimen, survey, studi kasus dan sebagainya. Pengalaman-pengalaman itu diolah berdasarkan hukum logika yang tertib. Data yang dikumpulkan diolah dengan cara analitis dan induktif, kemudian ditentukan relasi-relasi antar data, salah satunya relasi kausalitas. Konsepsi-konsepsi dan relasi-relasi disusun menurut suatu sistem tertentu, yang merupakan suatu keseluruhan yang integratif disebut dengan ilmu pengetahuan.
Kausalitas, determinasi dan kemerdekaan kemauan manusia, bukanlah masalah ilmiah, melainkan masalah filosofis. Di sini nampak perbedaan antara tindakan filosofis dan tinjauan ilmah. Filsafat bukan ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan bukan filsafat, walaupun kedua disiplin ilmu mempunyai segi-segi yang sama, yaitu mempergunakan logika serta bersikap terbuka dan kritis. Perbedaannya adalah mempunyai makna dalam hubungan antara satu sama lain. Setiap bagian ditinjau dari segi kedudukannya di dalam keseluruhan ada, maknanya, dan hakikatnya.
Masalah etika bersumber pada kepribadian manusia itu sendiri, ketertiban dan makna kehidupan, hal tersebut sudah tentu akan bertalian erat dengan pandangan tentang hakikat manusia dan hakikat dunia. Sebab jika demikian, maka filsafat akan bertentangan dengan hakikat manusia dan hakikat dunia.
Etika sebagai pedoman hidup manusia tidak dapat dipisahkan dari tata tertib dunia atau kosmologi, yang tidak diketahui organisasinya, terutama yang tersembunyi di belakang fenomena dunia ini. Etika tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari di dunia di mana kehidupan bersumber pada hakikat manusia itu sendiri.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts