Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, February 21, 2020

RPP PENJASKES KELAS VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP/MTs                             :   

Mata Pelajaran                    :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                    :   VII (Ganjil )

 Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·  Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
·  Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Afeksi
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok

                    
Alokasi Waktu                       :  4 x 2 x 40 menit (4 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
a.      Siswa dapat melakukan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
b.     Siswa dapat melakukan menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki dengan benar
c.      Siswa dapat melakukan menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
d.     Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

B.  Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
·       Mengumpan dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
·       Menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·       Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.  Metode Pembelajaran
-             Pertemuan 1 = penugasan
-             Pertemuan 2 = penugasan
-             Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik
-             Pertemuan 4 = resiprokal/timbal-balik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 40 menit)

1.     Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.     Kegiatan Inti (45 menit)

·       Teknik dasar (mengumpan dengan kaki bagian dalam dan dalam serta menahan bola dengan telapak kaki) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
2.jpg 1.jpg
 









                                                                                         




§  Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola diam berhadapan dengan teman
§  Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
§  Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilambung teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan bergerak maju dan mundur
§  Melakukan teknik dasar mengumpan secara langsung
·       Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
·       Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian dalam

3.     Penutup (20 Menit)
                                                                  
-   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
                                                                                             
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)

1.     Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.     Kegiatan Inti (45 menit)
-   Melakukan teknik dasar passing dada, pantul, dari atas kepala secara berpasangan dan kelompok
·       1.jpgTeknik dasar (menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan telapak kaki ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
2.jpg
 





                                                   



§  Melakukan teknik dasar menggiring berhadapan jarak dekat dilanjutkan jarak jauh berpasangan atau kelompok
§  Melakukan teknik dasar menggiring berhadapan jarak dekat dilanjutkan dengan menahan menggunakan telapak kaki bagi teman yang di depannya  (berpasangan atau kelompok)
§  Melakukan teknik dasar menggiring arah lurus dilanujutkan dengan zig-zag
·       Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.

·       Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan telapak kaki


3.     Penutup (20 Menit)
                                                                  
-   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar


Pertemuan 3 (2 x 40 menit)

1.Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

-   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.Kegiatan Inti (45 menit)

·       Teknik dasar (mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki )  dengan rincian kegiatan sebagai berikut :







§  Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan di tempat
§  Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan bergerak ke kanan, kiri, depan dan belakang
§  Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berkelompok bergerak pada garis lurus
·       Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan

·       Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki

3.Penutup (20 Menit)

-   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
Pertemuan 4 (2 x 40 menit)

1.     Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

-   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.     Kegiatan Inti (45 menit)
·       Teknik dasar (mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
  





§  Melakukan teknik dasar mengumpan, menahan, menggiring formasi berbanjr dan berkelompok
§  Melakukan teknik dasar mengumpan, menahan, menggiring formasi lingkaran dan berkelompok
·       Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
·       Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak






3.     Penutup (20 Menit)

-   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E.  Sumber Belajar
-        Ruang terbuka yang datar dan aman
-        Bola
-        Buku teks
-        Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Jakarta : Erlangga
-        Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F.  Penilaian
      1.   Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                     Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
                    
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal

-   Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis           
                                   




2.   Rubrik Penilaian

     RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA

Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Teknik DasarMengumpan,  Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam dan Luar Serta Menahan Bola Dengan Kaki Bagian Dalam, Luar dan Telapak Kaki
1.  Bentuk gerakan kaki saat menendang bola diayun ke depan arah bola
2.  Bentuk gerakan kaki saat menggiring bola mendorong bola ke depan arah bola
3.  Posisi badan yang benar saat akan melakukan teknik dasar mengumpan dan menggiring dibawa ke depan
4.  Bentuk arah bola hasil mengumpan dengan kaki bagian dalam datar di atas tanah/lapangan





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16





RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit(sportif)

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5







RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi pergelangan kaki saat menendang dengan kaki bagian dalam dan luar ?

2.  Bagaimana posisi telapak kaki saat menahan bola menggunakan telapak kaki ?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8



       MENGETAHUI,                                                              GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                                


............................................                                                    ...............................................



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts