RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 1 Campaka
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VIII / 1
Materi Pokok :
Olahraga Aquatik (Renang Gaya bebas)
Alokasi Waktu :
1 x 3 x 40 Menit
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba, mengolah
dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang atau teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.8 Memahami
konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.
***)
4.8 Mempraktikkan
konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.
***)
|
3.8.1
Mengidentifikasikan berbagai keterampilan
gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang
gaya bebas.
3.8.2
Menjelaskan berbagai keterampilan gerakan
kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
3.8.3
Menjelaskan cara melakukan berbagai
keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi
gerakan renang gaya bbas.
4.8.1
Melakukan berbagai keterampilan gerakan
kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
4.8.2
Menggunakan berbagai keterampilan gerakan
kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas
dalam bentuk perlombaan renang menempuh jaran 25 meter.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mengidentifikasikan berbagai keterampilan
gerakan kaki, gerakan renang gaya bebas.
b. Siswa dapat menjelaskankan berbagai keterampilan gerakan
kaki renang gaya bebas.
c. Siswa dapat melakukan dan
menggunakan berbagai keterampilan gerakan kaki dalam bentuk perlombaan renang
D. Materi Pembelajaran
Tema : Olahraga Permainan
Aquatik
Sub Tema : Olahraga permainan Aktivitas Air
Renang Gaya Bebas
1.
Materi Reguler
1.
Gerakan kaki sambil duduk dipinggir kolam
2.
Gerakan kaki di tempat
3.
Gerakan kaki dibantu oleh teman secara berpasangan
4.
Gerakan
kaki dengan bantuan pelampung renang
1.
Pogram Remedial
Materi Reguler
disederhanakan sedemikian rupa dengan memodifikasi latihan menjadi Part
and Whole.
2.
Program Pengayaan
Materi Reguler
dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan yang
sederhana.
E.
Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekatan Model Pembelajaran Scientific Statis
F.
Media dan Alat / Bahan
1.
Media Pembelajaran :
a. Gambar rangkaian keterampilan
gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan koordinasi gerakan
renang gaya bebas.
b. Model peserta didik atau guru
yang memperagakan gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan
koordinasi gerakan renang gaya bebas.
2.
Alat Pembelajaran :
a. Kolam renang
b. Pelampung renang
c. Kaca mata renang
d. Peluit dan Stopwatch
e. Lembar Pratikum Siswa
(Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.
Sumber Pembelajaran
a. Roji dan Eva, Buku Siswa Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….;
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
b. Roji dan Eva, Buku Guru
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum
2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
c. Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 116 - 123; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
d.
Bahan Ajar Pembelajaran Aktivitas Air, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK,
2012.
H.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris,
memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2. Guru
mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang
sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi
harus tetap berada di pinggir kolam renang.
3. Guru meminta
salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan
yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan
secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan.
Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika
terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada
saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru
mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan
aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih
berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan
untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4. Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi
pembelajaran (bermain saling menjipratkan air ke muka teman).
5. Guru
mempertanyakan “Siapa atlet renang idola kalian?”, Apa saja gerakan-gerakan
yang dilakukan dalam renang gaya bebas?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu: gerakan kaki renang
gaya bebas.
7.
Guru
menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
8.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan
(membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum
Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan
penilaian).
9.
Guru
menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerakan kaki,
gerakan renang gaya bebas.
|
20 menit
|
Inti
|
Melakukan rangkaian
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific
dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.
Mengamati
1)
Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki di
tempat melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
2)
Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki dengan
posisi terlentang melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
3)
Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki dibantu
oleh teman secara berpasangan melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
4)
Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki dengan
bantuan pelampung renang melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu
atau contoh dari guru.
b.
Menanya
1)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara
melakukan rangkaian gerakan kaki di tempat, yang dimediasi oleh
guru?
2)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
cara melakukan rangkaian gerakan
kaki dengan posisi terlentang, yang
dimediasi oleh guru?
3)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
cara melakukan rangkaian gerakan
kaki dibantu oleh teman secara
berpasangan, yang dimediasi oleh guru?
4)
Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana
cara melakukan rangkaian gerakan
kaki dengan bantuan pelampung, yang dimediasi oleh guru?
c.
Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki di tempat secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat. Selama praktik tugas
peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki dengan posisi terlentang secara
berpasangan dan berkelompok mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan
di tempat dan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk
saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki dibantu oleh teman secara berpasangan mencari jawaban
yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan
sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
4)
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki dengan bantuan pelampung mencari
jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan
sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
d.
Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan rangkaian
gerakan kaki dengan menggunakan alat bantu pelampung renang secara berpasangan menemukan hubungan bentuk-bentuk gerakan
kaki dengan lajunya renangan renang gaya bebas.
e.
Mengomunikasikan
1)
Peserta didik menerapkan gerakan kaki renang gaya
bebas secara berpasangan dalam bentuk perlombaan dengan
menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan
disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati
adalah apakah peserta didik sudah dapat merangkaikan gerakan kaki dengan lajunya
renangan renang gaya bebas.
2) Guru mengamati jalannya perlombaan, bila
ada peserta didik yang curang (misalnya melakukan gerakan renang dengan
menginjak dasar kolam renang dan peserta didik tidak mengakui) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
|
85 menit
|
Penutup
|
1.
Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru
melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.
Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta
didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat
melakukan praktik.
3.
Guru menginformasikan kepada peserta didik yang
paling baik penampilannya selama melakukan aktivitas air.
4.
Guru
menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian
gerakan kaki, otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba aktivitas air,
manfaat aktivitas air terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta
didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.
Berdoa
dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
|
15 menit
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Tes
Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.8 Memahami
konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.
***)
|
Renang
|
1.
Siswa dapat mengidentifikasi gerakan
kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi
gerakan renang gaya bebas
2.
Siswa dapat Menjelaskan konsep gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi
gerakan renang gaya bebas
3.
Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan gerakan
kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya
bebas
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama : ...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
Sebutkan macam-macam gerakan
kaki aktivitas air!
|
|
2.
|
Konsep
Jelaskan macam-macam gerakan kaki aktivitas air!
|
|
3.
|
Prosedur
Jelaskan cara melakukan gerakan kaki aktivitas air!
|
|
3) Pedoman
penskoran
a)
Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)
Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak
lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)
Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)
Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
1)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60
X 100
Rentang nilai
pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester : VIII/
Semester 1
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.8 Memahami
konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik.
***)
|
Renang
|
Siswa dapat menjelaskan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi
gerakan renang gaya bebas
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur t gerakan kaki, gerakan
lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas sertakan pula
gambarnya!
3.
Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
lomba gerakan
kaki, gerakan lengan, mengambil
napas, dan koordinasi gerakan renang gaya
bebas
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lembar pengamatan proses rangkaian gerakan kaki, lengan, mengambil napas, dan
koordinasi gerakan renang gaya bebas.Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan
melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian
Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman
penskoran
(1) Gerakan kaki
Skor Baik jika :
(a) bila
ada aba-aba “Siap” peserta didik mengangkat kedua kakinya ke atas ke arah
permukaan air bersama-sama badan, sehingga badan dan kaki lurus pada permukaan
air dengan sikap terlentang.
(b) pada
aba-aba “Ya” peserta didik menggerakkan atau menyepak-nyepakkan kedua kaki
bergantian ke atas dan ke bawah.
(c) gerakan
kaki dimulai dari pangkal paha, lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan
kibasan ujung kaki.
(d)gerakannya
harus lemas dan tidak kaku, gerakan yang ke atas lebih kuat dari pada gerakan
yang ke bawah.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu atau dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2) Gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a) sikap
badan terlentang, muka menghadap ke atas dengan dagu agak ditarik dan kedua
lengan di sisi badan.
(b) lengan
secara bergantian diayunkan ke atas air melampaui kepala dan masuk ke air dalam
di depan kepala agak ke samping.
(c)
setelah tangan masuk ke dalam air, maka
dimulailah gerakan menekan dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus
di sisi badan.
(d) untuk
memperoleh hasil yang lebih baik hendaknya jari-jari tangan dirapatkan.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3)
Koordinasi
gerakan
Skor Baik jika :
(a) posisi
tubuh terlentang, sejajar dengan permukaan air dan posisi kaki sedikit di bawah
permukaan air.
(b) posisi
kepala dan wajah menghadap ke depan atas, sehingga pandangan membentuk arah
diagonal dengan kaki.
(c)
wajah berada sedikit di atas permukaan
air, sehingga mata, hidung dan mulut tidak terendam air dan dapat bernapas
dengan leluasa.
(d) dada, bahu dan panggul terendam air dan tetap sejajar
dengan permukaan air.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
Kriteria Penilaian Produk Renang Gaya bebas
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
….. < 15 detik
|
….. < 20 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
16 – 20 detik
|
21 – 25 detik
|
90%
|
Baik
|
21 – 25 detik
|
26 – 30 detik
|
80%
|
Cukup
|
26 – 30 detik
|
31 – 35 detik
|
70%
|
Kurang
|
…… > 30 detik
|
…… > 35 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Rentang nilai
pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4)
Program Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Keterampilan
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara latihan Part and Whole
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
: ..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan
rangkaian gerak koordinasi renang gaya bebas!
b. Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dalam bentuk
perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana..
No comments:
Post a Comment