Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, June 12, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII sms 1 (Renang Gaya Bebas)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                               : SMP Negeri 1 Campaka
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 1
Materi Pokok                       : Olahraga Aquatik (Renang Gaya bebas)
Alokasi Waktu                     : 1 x 3 x 40 Menit  

A.            Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8     Memahami konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***)
4.8     Mempraktikkan konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***)
3.8.1      Mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
3.8.2      Menjelaskan berbagai keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
3.8.3      Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bbas.
4.8.1     Melakukan berbagai keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
4.8.2     Menggunakan berbagai keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas dalam bentuk perlombaan renang menempuh jaran 25 meter.

C.            Tujuan Pembelajaran
a.     Siswa dapat  mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerakan kaki, gerakan renang gaya bebas.
b.     Siswa dapat menjelaskankan berbagai keterampilan gerakan kaki renang gaya bebas.
c.     Siswa dapat melakukan dan menggunakan berbagai keterampilan gerakan kaki dalam bentuk perlombaan renang


D.    Materi Pembelajaran
Tema                                            : Olahraga Permainan Aquatik
Sub Tema                    : Olahraga permainan Aktivitas Air Renang Gaya Bebas

1.       Materi Reguler
1.         Gerakan kaki sambil duduk dipinggir kolam
2.         Gerakan kaki di tempat
3.         Gerakan kaki dibantu oleh teman secara berpasangan
4.         Gerakan kaki dengan bantuan pelampung renang


1.             Pogram Remedial
Materi Reguler disederhanakan  sedemikian  rupa dengan memodifikasi latihan menjadi Part and Whole.

2.        Program Pengayaan
Materi Reguler dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.

E.       Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
5. Pendekatan Model Pembelajaran Scientific Statis

F.        Media dan  Alat / Bahan
1.          Media Pembelajaran :
a.     Gambar rangkaian keterampilan gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
b.     Model peserta didik atau guru yang memperagakan gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.
2.          Alat Pembelajaran :
a.     Kolam renang
b.     Pelampung renang
c.     Kaca mata renang
d.     Peluit dan Stopwatch
e.     Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).


G.      Sumber Pembelajaran
a.        Roji dan Eva, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
b.     Roji dan Eva, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
c.        Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 116 - 123; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.
d.     Bahan Ajar Pembelajaran Aktivitas Air, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.


H.      Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.      Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir kolam renang.
3.      Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
4.      Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (bermain saling menjipratkan air ke muka teman).
5.      Guru mempertanyakan “Siapa atlet renang idola kalian?”, Apa saja gerakan-gerakan yang dilakukan dalam renang gaya bebas?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu: gerakan kaki renang gaya bebas.
7.      Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
8.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
9.      Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerakan kaki, gerakan renang gaya bebas.
20 menit

Inti

Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific dan dengan metode resiprokal dan penugasan antara lain:
a.        Mengamati
1)     Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki  di tempat melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)     Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki  dengan posisi terlentang melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)     Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki  dibantu oleh teman secara berpasangan melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
4)     Peserta didik mengamati rangkaian gerakan kaki  dengan bantuan pelampung renang melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
b.        Menanya
1)     Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan rangkaian gerakan kaki  di tempat, yang dimediasi oleh guru?
2)     Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan rangkaian gerakan kaki  dengan posisi terlentang, yang dimediasi oleh guru?
3)     Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan rangkaian gerakan kaki  dibantu oleh teman secara berpasangan, yang dimediasi oleh guru?
4)     Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana cara melakukan rangkaian gerakan kaki dengan bantuan pelampung, yang dimediasi oleh guru?
c.         Mengumpulkan Informasi / Mencoba
1)     Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki  di tempat secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)     Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki  dengan posisi terlentang secara berpasangan dan berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat dan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)     Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki  dibantu oleh teman secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)     Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki  dengan bantuan pelampung mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
d.        Menalar / Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan rangkaian gerakan kaki dengan menggunakan alat bantu pelampung renang secara berpasangan menemukan hubungan bentuk-bentuk gerakan kaki dengan lajunya renangan renang gaya bebas.
e.         Mengomunikasikan
1)     Peserta didik menerapkan gerakan kaki renang gaya bebas secara berpasangan dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati adalah apakah peserta didik sudah dapat merangkaikan gerakan kaki dengan lajunya renangan renang gaya bebas.
2)     Guru mengamati jalannya perlombaan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya melakukan gerakan renang dengan menginjak dasar kolam renang dan peserta didik tidak mengakui) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama berlomba.
85 menit

Penutup

1.        Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.        Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
3.        Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan aktivitas air.
4.        Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang rangkaian gerakan kaki, otot-otot yang dominan bekerja saat berlomba aktivitas air, manfaat aktivitas air terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.
5.        Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
15 menit

I.         Penilaian Pembelajaran
1.     Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah                  :
Kelas/Semester                 : VIII/ Semester 2
Tahun Pelajaran                               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.         Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3.8     Memahami konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***)

Renang
1.     Siswa dapat mengidentifikasi gerakan  kaki, gerakan  lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan  renang gaya bebas
2.     Siswa dapat Menjelaskan konsep gerakan  kaki, gerakan  lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan  renang gaya bebas
3.     Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas
Uraian







Uraian







Uraian
1







1







1


2)       Bentuk Instrumen
Nama                            : ...........................................................
Kelas                             : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
Sebutkan macam-macam gerakan kaki aktivitas air!


2.
Konsep
Jelaskan macam-macam gerakan kaki aktivitas air!


3.
Prosedur
Jelaskan cara melakukan gerakan kaki aktivitas air!



3)       Pedoman penskoran
a)         Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

b)         Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

c)           Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

d)         Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

1)            Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/60 X 100


Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








b.          Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                               : SMPN
Kelas/ Semester                              : VIII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                            : 2017/2018
Mata Pelajaran                              : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.8     Memahami konsep gerak spesifik salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik. ***)

Renang
Siswa dapat menjelaskan gerakan  kaki, gerakan  lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan  renang gaya bebas
Penugasan

2)       Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur t gerakan  kaki, gerakan  lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan  renang gaya bebas  sertakan pula gambarnya!

3.         Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan lomba  gerakan  kaki, gerakan  lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan  renang gaya bebas
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lembar pengamatan proses rangkaian gerakan kaki, lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya bebas.Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor maksimal

3)       Pedoman penskoran
(1)       Gerakan kaki
Skor Baik jika :
(a) bila ada aba-aba “Siap” peserta didik mengangkat kedua kakinya ke atas ke arah permukaan air bersama-sama badan, sehingga badan dan kaki lurus pada permukaan air dengan sikap terlentang.
(b) pada aba-aba “Ya” peserta didik menggerakkan atau menyepak-nyepakkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke bawah.
(c) gerakan kaki dimulai dari pangkal paha, lutut sedikit dibengkokkan dan berakhir dengan kibasan ujung kaki.
(d)gerakannya harus lemas dan tidak kaku, gerakan yang ke atas lebih kuat dari pada gerakan yang ke bawah.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu atau dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(2)  Gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a)  sikap badan terlentang, muka menghadap ke atas dengan dagu agak ditarik dan kedua lengan di sisi badan.
(b)  lengan secara bergantian diayunkan ke atas air melampaui kepala dan masuk ke air dalam di depan kepala agak ke samping.
(c)   setelah tangan masuk ke dalam air, maka dimulailah gerakan menekan dan mendorong air dengan kuat sehingga lengan lurus di sisi badan.
(d)  untuk memperoleh hasil yang lebih baik hendaknya jari-jari tangan dirapatkan.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)                 Koordinasi gerakan
Skor Baik jika :
(a)  posisi tubuh terlentang, sejajar dengan permukaan air dan posisi kaki sedikit di bawah permukaan air.
(b)  posisi kepala dan wajah menghadap ke depan atas, sehingga pandangan membentuk arah diagonal dengan kaki.
(c)   wajah berada sedikit di atas permukaan air, sehingga mata, hidung dan mulut tidak terendam air dan dapat bernapas dengan leluasa.
(d)  dada, bahu dan panggul terendam air dan tetap sejajar dengan permukaan air.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria Penilaian Produk Renang Gaya bebas
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
….. < 15 detik
….. < 20 detik
100%
Sangat Baik
16 – 20 detik
21 – 25 detik
90%
Baik
21 – 25 detik
26 – 30 detik
80%
Cukup
26 – 30 detik
31 – 35 detik
70%
Kurang
…… > 30 detik
…… > 35 detik
60%
Kurang Sekali

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







4)             Program Remedial dan Pengayaan
a.     Remedial
1.     Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara latihan Part and Whole

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.       Pengetahuan
a.  Jelaskan rangkaian gerak koordinasi renang gaya bebas!

b.     Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana..

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts