Peranan kualitas ini menjadi tambahan
penting dengan adanya perkembangan peradaban manusia, di mana terdapat
perkembangan keahlian manusia, sehingga terjadilah pemisah antara kelompok
produsen dan konsumen. Perkembangan keadaan ini mempengaruhi kualitas barang-barang
yang langsung mempengaruhi kebutuhan hidup manusia dan timbulnya
kesulitan-kesulitan dalam memenuhi atau menyesuaikanserta mengerti akan
keinginan/kehendak pemakai atau konsumen. Dengan adanya perkembangan teknologi
dan perkembangan serikat kerja, maka para produsen berusaha untuk menjaga
reputasi atau nama baiknya. Usaha untuk menjaga reputasi (nama baik) ini dapat
dilakukan melalui kualitas dari barang yang dihasilkannya (Sofjan Assauri, 2008
: 291).
Kualitas produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan
fungsinya meliputi : daya tahan keandalan, ketepatan kemudahan operasi dan
perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. Untuk meningkatkan kualitas produk
perusahaan dapat menerapkan program “Total
Quality Manajemen (TQM)”. Selain mengurangi kerusakan produk, tujuan pokok
kualitas total adalah untuk meningkatkan nilai konsumen (Yoga, 2015) (http://mulyajho.blogspot.co.id/).
Menurut Kotler (2005: 49) menyebutkan bahwa : kualitas produk adalah
keseluruhan ciri dari suatu produk atau pelayanan pada kemampuan untuk
memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.
No comments:
Post a Comment