Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, October 27, 2023

Soal Kompetensi Teknis PPPK 2023 PERAWAT GIGI

 1. Anto usia 9 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gigi 62 belum tanggal dan gigi permanen belum erupsi. Hasil pemeriksaan intra oral dengan palpasi pada palatum tidak teraba adanya benih. Setelah dilakukan pemeriksaan radiologi menunjukkan gambaran radiolusen pada regio 65. Kelainan yang tepat pada kasus tersebut adalah….

a. Mikrodonsia

b. Makrodonsia

c. Anodontia

d. Fusion

e. mesioden

2. anda merencanakan untuk mengelola sebuah pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas dengan tujuan supaya terjadinya perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik sehingga derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal bisa tercapai. Sasaran utama pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut yang tepat adalah?

a. Posyandu, puskesmas, klinik 24 jam

b. Anak pra sekolah, anak sekolah, dan ibu hamil

c. Ibu hamil. Ibu bersalin, ibu nipas

d. Pasangan usia subur, bayi dan balit

e. Kader kesehatan, guru UKS, dokter kecil

3. Pasangan laki-laki berumur 55 tahun datang ke klinik gigi rumah sakit dengan membawa surat konsul dari dokter spesialis penyakit dalam. Disurat konsul tersebut tertulis pasien menderita sakit gigi dan gusi serta mempunyai riwayat hipertensi. Secara klinis di intra oral terlihat gusi mudah berdarah, warna gusi terlihat mengkilat, gigi gayang, terdapat sub gingival kalkulus, dan mulut berbau aseton. Penyakit sistemic yang mungkin diderita oleh pasien?

a. Hepatitis

b. Hemopilia

c. Diabetes militus

d. Jantung koroner

e. Asma bronchiale

4. Instrumen dan bahan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk tindakan scalling ?

a. Menyiapkan diagnostic set, scaler, dan contra angle

b. Menyiapkan 1 set scaller lengkap, contra angle, bristle brush, SIK, pumice antiseptic, cotton pellet

c. Menyiapkan 1 set scaler, contra angle, bristle brush, pasta gigi, pumice antiseptic, cotton pellet

d. Menyiapkan 1 set scaler lengkap, bristle brush, pasta, pumice, antiseptic, cotton pellet

e. Menyiapkan scaler dan contra angle

5. Data hasil survei yang dilakukan di SD Insan pada murid kelas 4 5 dan 6 menunjukkan bahwa indeks OHI-S rata-ratanya adalah 3,6 dengan kriteria buruk dan def-t rata-rata 0,5. Kegiatan yang harus dipersiapkan di SD tersebut pada kunjungan berikutnya adalah?

a. Melakukan penambalan gigi

b. Melakukan pencabutan gigi

c. Melakukan pelatihan guru

d. Melakukan penyuluhan

e. Melakukan rujukan

6. Perempuan berusia 40 tahun datang ke Puskesmas, pasien tersebut mengeluh gusi sebelah kanan atas terasa sakit pada pemeriksaan klinis tidak terlihat adanya karang gigi. Tetapi setelah diperiksa menggunakan dental probe terdapat pocket dalam. Apa tindakan pemeriksaan yang dapat anda lakukan dalam kegiatan tersebut?

a. OHI-S b. Filling c. Debris d. CPITN e.Scalling

7. Pada sebuah Sekolah Dasar akan dilakukan dengan Kegiatan UKGS. Kegiatan promotif dilakukan oleh guru, upaya preventif beruka sikat gigi masal dilakukan oleh guru dan petugas kesehatan non dental saja. Manakah dari tahap UKGS di bawah ini yang sesuai dengan pernyataan di atas?

a. II b. I c. III d. IV e. V

8. Puskesmas A mempunyai wilayah kerja yang meliputi 10   sekolah dasar yang mempunyai target minimal dua kali dalam satu tahun harus dilaksanakannya penyuluhan dan sikat gigi massal. Langkah apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi keadaan tersebut?

a. Melakukan pelatihan guru UKGS

b. Menyusun rencana penyuluhan UKGS

c. Merealisasikan penyuluhan di UKGS

d. Melaksanakan pelatihan dokter gigi kecil

e. Menyusun rencana bulanan UKGS



9. Seorang laki-laki berusia 45 tahun datang ke klinik gigi di Puskesmas dengan keluhan dalam satu minggu terakhir gigi 12 sakit tajam, bila malam tidak bisa tidur, pada gusi dipalpasi terasa sakit, pada pemeriksaan klinis ditemukan gigi 11 sisa akar bila dirangsang dengan CE negatif, bila diperkusi sakit. Apa tindakan pengobatan pada gigi tersebut?

a. Dicabut c. diberi eugenol

b. Ditrepanasi d. diberi obat kumur e. dirujuk ke dokter gigi

10. Pasien datang memeriksakan giginya setelah diperiksa. Ada benjolan di palatum tetapi tidak ada keluhan sakit. Apa yang harus dilakukan?

a. Memberikan penerangan dan rujuk untukfoto rontgen

b. Membiarkan, tapi apabila sakit disuruh datang kembali

c. Diberi obat analgetik

d. Diberi penyuluhan

e. Dilakukan tindakan

11. Berapakah konsentrasi kumur-kumur menggunakan fluor…

a. 2,5 ppm b. 1,0 ppm c. 250 ppm d. 5 ml e. 20 ml

12. Instrumen yang perlu dipersiapkan untuk tindakan scalling…

a. Kaca mulut, sonde, pinset, hoe dan sickle scaler, bristle brush, rubber dam, veneer bur

b. Kaca mulut, sonde, pinset, periodontal probe, makro scaler set, bristle brush, rubber cup, veneer bur

c. Kaca mulut, sonde, pinset, periodontal probe, mikro scaler set, bristle brush, rubber cup, scalpe blade

d. Kaca mulut, sonde, pinset, ekscavator, periodontal probe, file scaler, bristle brush, rubber cup

e. Kaca mulut, sonde, pinset, chisel dan curet scaler, periodontal probe, bristle brush, veneer bur   

13. Seorang ibu hamil berusia 23 tahun mengeluhkan gusinya sering terasa sakit dan mudah berdarah sejak satu bulan yang lalu. Pada pemeriksaan intra oral terdapat pembesaran dari papila interdental dan margin gingiva, gusi berwarna merah terang, oral hygiene baik tidak terdapat supra maupun sub gingiva calculus. Diagnosa untuk kasus tersebut…

a. Diabetes melitus

b. Puberty gingivitis

c. Gingivitis marginalis

d. Gingivitis gravidarum

e. Periodontitis marginalis

14. Anda melaksanakan pemeriksaan di UKGS pada anak kelas 6, hasil pemeriksaan intra oral gigi 26 dan 36 terlihat pit dan fissure dalam sehingga menyebabkan retensi sisa makanan, apa tindakan yang paling tepat untuk pasien tersebut?

a. ART d. pit dan fissure sealant

b. Light curing e. restorasi glass ionomer

c. Topikal aplikasi fluor

15. Endapan luna yang tidak berwarna dan melekat erat pada permukaan gigi yang tidak bisa hilang dengan berkumur tapi bisa dibersihkan dengan sikat gigi tersebut?

 

a. Plak

b. Decay

c. Kalkulus

d. Halitosis

e. debris

 

16. Endapan mineral dipermukaan gigi dengan permukaan yang kasar dan tampak noda dipermukaan gigi, tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi hanya dengan scalling disebut?

 

a. Plak

b. Decay

c. Kalkulus

d. Halitosis

e. debris

 

17. Pada sebuah sekolah dasar seorang perawat gigi melaksanakan kegiatan preventif berupa sikat gigi bersama, pembersihan karang gigi dan berkumur kumur larutan fluor, sedangkan guru melakukan upaya promotif, sesuai jadwal yang disepakati. Upaya kuratif berupa pengobatan medik dasar berdasarkan permintaan bagi murid kelas 1 sampai dengan kelas 4. Manakah dari tahap UKGS di bawah ini yang sesuai dengan pernyataan di atas?

a. V b. IV c. II d. I e. III

18. Tingkat konsentrasi floridasi air minum yang direkomendasikan adalah…

 

a. 0,5 ppm

b. 0,7-1,2 ppm

c. 1 ppm

d. 0,05 – 1,9 pp,

e. 1,4 ppm

 

19. Mercury dalam tumpatan amalgam, uap mercury bersifat racun, debu dan cetak alginate bisa terhirup, beberapa macam bahan mengandung senyawa lead timah, dalam landasan gigi tiruan akrilik dapat mengiritasi bila jumlahnya terlalu banyak. Hal ini merupakan contoh resiko dental material dari sifat:

 

a. Thermal

b. Biologis

c. Kimia

d. Dimensional

e. Perubahan suhu

 

20. Tria mengalami caries pada gigi 6 yang telah sampai pulpa, karena keadaan peralatan maka gigi tersebut diindikasi untuk dicabut. Berdasarkan indeks DMF-T indikasi cabut dalam hal ini termasuk komponen?

 

a. Decay

b. Missing

c. Filling

d. Extraction

e. Feeling 

 

21. Tn A usia 35 tahun datang ke poli gigi di FKTP dengan keluhan gigi pipi bengkak, sakit saat mengunyah dan terkadang demam. Setelah dilakukan observasi, tampak pembekakan di sekitar gigi yang sakit. Di saat pasien datang tidak ada dokter gigi, hanya perawat gigi. Tindakan yang dapat dilakukan sebagai perawat gigi adalah….

a. Memberikan obat: amoksilin 500 mg

b. Hanya memberikan air kumur hangat

c. Merujuk pasien ke FKRL yang ada dokter gigi

d. Membersihkan gigi yang berlubang

e. Memberikan obat: paracetamol 500 mg

22. Seorang siswa datang ke IGD dengan luka pada area mulut akibat laka lantas Tunggal. Terdapat luka robek pada dagu serta pendarahan pada gusi. Sebagai perawat gigi apa yang boleh dilakukan dalam mengatasi kegawatdaruratan?

a. Membersihkan area luka dengan saline

b. Memberikan ibuprofen serta paracetamol

c. Memberikan antibiotik

d. Mengedukasi pasien cara memelihara kesehatan gilut

e. Merujuk pasien

23. Instrumen utama yang dibutuhkan pada kegawatdarurat medik gigi, kecuali….

 

a. Set intrumen dasar

b. Bein

c. Alat sterilisasi

d. Larutan anastesi

e. Satu set tang pencabutan

 

24. Kasus pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang tidak termasuk ke dalam kategori kegawatdaruratan medik adalah….

 

a. Abses gigi

b. Gingivitis

c. Periodontitis

d. Pulpitis akut

e. Goegraphic tongue

 

25. Salah satu pencegahan karies pada siswa SD di Kegiatan UKGS dengan pit dan fissure sealant menggunakan metode ART. Hand instrument ART yang digunakan saat isolasi gigi adalah…

a. Cotton pellet b. Kapas c. Cotton roll d. Matriks band e. Plastik strips

26. Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat melalui peran serta masyarakat baik perorangan, keluarga, kelompok, maupun organisasi. Yang dapat dilibatkan dalam Upaya Kesehatan bersumber daya masyarakat adalah….

a. Camat b. Lurat setempat c. Kader d. Guru e. Tokoh masyarakat

27. Ny. D datang ke poli gigi di Puskesmas A dengan keluhan gusi mudah berdarah, ada benjolan pada gusi rahang atas. Setelah dilakukan pengkajian awal ditemukan Ny. D hamir trimester 2, rajin menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi dan mulut selama kehamilan. Berdasarkan pemeriksaan yang dialami Ny. D adalah…

 

a. Pregnancy Gingivitis

b. Epulis Gravidarum

c. Abses gigi

d. Perodontitis

e. Tonus mandibular

 

28. Prinsip dasar melakukan tindakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan metode ART…

a. Kebutuhan peralatan dan bahan minimal

b. Biaya lebih mahal daripada metode konvensional

c. Sulit dikerjakan tanpa bantuan

d. Membutuhkan perawatan alat yang mahal

e. Tidak diterima di masyarakat

29. Ruang lingkup perawat gigi sebagai dental assiting pada pelayanan kedokteran gigi spesialistik harus memiliki prinsip pengendalian infeksi silang pada keselamatan benda tajam dengan menerapkan….

a. Teknik two-handed scoop

b. Teknik one-handed scoop

c. Sekali buang pakai pada kotak sampah

d. Persiapan injeksi dengan teknik non aseptic

e. Wadah medis sekali pakai

30. Nn. N mengeluhkan sakit gigi. Saat melakukan pemeriksaan, perawat gigi memakai sonde untuk melihat ada tidaknya karies, kedalaman karies serta vitalitas gigi. Pemeriksaan ini disebut:

a. Perkusi b. thermis c. mobility d. palpasi e. sondasi


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts