Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP KELAS 5 Materi Benda Dan Sifatnya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Benda Dan Sifatnya
Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
4.  Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas

C.    Tujuan Pembelajaran:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali
o   Siswa dapat Mengetahui bahan penyusun tali temali
o   Siswa dapat Memahami sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali.
o   Siswa dapat Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya
o   Siswa dapat Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya
o   Siswa dapat Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
o   Penyusun bahan tali temali.
o   Kekuatan bahan tali temali
o   Sifat tali temali

E.     Media Belajar
o   Buku  ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
o   Seutas tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali
F Mengetahui bahan penyusun tali temali
-   Serat
:
Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik
-   Benang
:
Benang jahit, benang kasur, benang nilon
-   Tambang atau tali
:
Tambang plastik, tambang kawat, tambang nilon
F Memahami sifat atau ciri-ciri benda yang dapat digunakan sebagai tali:
-   Lentur
-   Kuat
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tugas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Mengulang materi
o   Berdasarkan bagian penyusunnya, tali-temali dikelompokkan menjadi serat, benang, dan tambang


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o  


Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali.
F Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya
F Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya
-   Struktur pilinan
-   Struktur kepang atau anyaman
-   Struktur lurus
F Melakukan tugas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Mengulang kekuatan dan sifat tali
o Tegangan maksimal yang dapat ditanggung oleh tali menunjukkan kekeuatan tali
o Tali temali meiliki sifat sesuai dengan sifat bahan penyusunnya

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -



G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.
o  Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
o  Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.
o  Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.
o  Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.
Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Sebutkanlah beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.

o  Sebutkanlah contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.

o  Sebutkanlah bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.
o  Jelaskanlah kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.

o  Simpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts