RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Benda Dan
Sifatnya
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A.
Standar
Kompetensi :
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
B.
Kompetensi
Dasar
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,
misalnya benang, kain, dan kertas
C.
Tujuan
Pembelajaran:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan
tali temali
o
Siswa dapat Mengetahui bahan penyusun tali
temali
o
Siswa dapat Memahami sifat benda yang dapat
digunakan sebagai tali:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan
tali temali.
o
Siswa dapat Mengelompokkan tale temali
berdasarkan struktur benang penyusunnya
o
Siswa dapat Memahami kekuatan bahan tali temali
berbeda-beda untuk setiap jenisnya
o
Siswa dapat Memahami cara mengukur kekeuatan
bahan tali tenali.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
o
Penyusun bahan tali temali.
o
Kekuatan bahan tali temali
o
Sifat tali temali
E.
Media
Belajar
o Buku ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
o Seutas
tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
|||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali
F
Mengetahui bahan penyusun tali temali
F
Memahami sifat atau ciri-ciri benda yang dapat digunakan sebagai tali:
- Lentur
- Kuat
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
tugas
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
|||||||||
o
Mengulang
materi
o
Berdasarkan
bagian penyusunnya, tali-temali dikelompokkan menjadi serat, benang, dan
tambang
|
(5 menit)
|
|||||||||
o
–
|
|
|||||||||
Pertemuan ke-2
|
|
|||||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
|||||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali.
F Memahami
kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya
F
Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengelompokkan
tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya
- Struktur pilinan
- Struktur kepang atau anyaman
- Struktur lurus
F
Melakukan
tugas
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
|||||||||
o
Mengulang
kekuatan dan sifat tali
o Tegangan maksimal yang dapat
ditanggung oleh tali menunjukkan kekeuatan tali
o Tali temali meiliki sifat sesuai
dengan sifat bahan penyusunnya
|
(5 menit)
|
|||||||||
o
-
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi beberapa jenis
sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.
o Memberi contoh penggunaan
berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
o Mengidentifikasi bahan-bahan yang
akan diuji kekuataannya.
o Membandingkan kekuatan beberapa
jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.
o Menyimpulkan dari hasil percobaan
bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.
|
Tugas
Individu dan Kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah beberapa jenis sifat
bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.
o Sebutkanlah contoh penggunaan
berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
o Sebutkanlah bahan-bahan yang akan
diuji kekuataannya.
o Jelaskanlah kekuatan beberapa
jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.
o Simpulkan dari hasil percobaan
bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment