RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Benda Dan
Sifatnya
Waktu                          :
  4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :
  Ceramah dan praktek
A.   
Standar
Kompetensi       : 
4.  Memahami hubungan antara sifat bahan dengan
penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
B.    
Kompetensi
Dasar
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya,
misalnya benang, kain, dan kertas
C.   
Tujuan
Pembelajaran: 
o  
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan
tali temali
o  
Siswa dapat Mengetahui bahan penyusun tali
temali 
o  
Siswa dapat Memahami sifat benda yang dapat
digunakan sebagai tali:
o  
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan
tali temali.
o  
Siswa dapat Mengelompokkan tale temali
berdasarkan struktur benang penyusunnya
o  
Siswa dapat Memahami kekuatan bahan tali temali
berbeda-beda untuk setiap jenisnya
o  
Siswa dapat Memahami cara mengukur kekeuatan
bahan tali tenali.
& Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.   
Materi
Essensial
o  
Penyusun bahan tali temali.
o  
Kekuatan bahan tali temali 
o  
Sifat tali temali
E.    
Media
Belajar
o   Buku  ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
o   Seutas
tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar
F.    
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
| 
   
Pertemuan ke-1 
 | 
  
   | 
 |||||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 |||||||||
  
 
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali 
F
  Mengetahui bahan penyusun tali temali  
 
F
  Memahami sifat atau ciri-ciri benda yang dapat digunakan sebagai tali: 
-   Lentur 
-   Kuat  
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Melakukan
  tugas 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 |||||||||
  
 
o  
  Mengulang
  materi 
o  
  Berdasarkan
  bagian penyusunnya, tali-temali dikelompokkan menjadi serat, benang, dan
  tambang 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 |||||||||
  
 
o  
  – 
 | 
  
   | 
 |||||||||
| 
   
Pertemuan ke-2 
 | 
  
   | 
 |||||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 |||||||||
  
 
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali. 
F Memahami
  kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya 
F
  Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Mengelompokkan
  tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya 
-   Struktur pilinan 
-   Struktur kepang atau anyaman  
-   Struktur lurus 
F
  Melakukan
  tugas 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 |||||||||
  
 
o  
  Mengulang
  kekuatan dan sifat tali 
o Tegangan maksimal yang dapat
  ditanggung oleh tali menunjukkan kekeuatan tali 
o Tali temali meiliki sifat sesuai
  dengan sifat bahan penyusunnya 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 |||||||||
  
 
o  
  - 
 | 
  
   | 
 
G.   
Penilaian:
| 
   
Indikator Pencapaian Kompetensi  
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Mengidentifikasi beberapa jenis
  sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali. 
o  Memberi contoh penggunaan
  berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.  
o  Mengidentifikasi bahan-bahan yang
  akan diuji kekuataannya.  
o  Membandingkan kekuatan beberapa
  jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas. 
o  Menyimpulkan dari hasil percobaan
  bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya. 
 | 
  
   
Tugas
  Individu dan Kelompok 
 | 
  
   
Laporan
  dan unjuk kerja 
Uraian Objektif 
 | 
  
   
o  Sebutkanlah beberapa jenis sifat
  bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali. 
o  Sebutkanlah contoh penggunaan
  berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.  
o  Sebutkanlah bahan-bahan yang akan
  diuji kekuataannya.  
o  Jelaskanlah kekuatan beberapa
  jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas. 
o  Simpulkan dari hasil percobaan
  bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya. 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
&   LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 ||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment