Benyamin
Bloom dalam Wuryani (2008) menyatakan bahwa rentangan penguasaan psikomotorik
ditunjukkan oleh gerakan yang kaku sampai kepada gerakan yang lancar dan luwes.
Berikut ini akan dijabarkan indikator – Indikator pencapaian tahap perkembangan
fisik/motorik anak yang meliputi perkembangan motorik kasar dan motorik halus
usia 3 – 6 tahun. Indikator-indikator ini diturunkan dari karakteristik yang
terlihat pada tahap-tahap perkembangan anak, sebagaimana telah dijelaskan
sebelumnya.
Tabel 2.1 Indikator
Pencapaian Tahap Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 3 – 6
tahun Menurut Permendiknas 58 tahun 2009
Usia
|
Indikator Pencapaian
|
|
Motorik Kasar
|
Motorik Halus
|
|
3,5 - 4 tahun
|
1.
Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
2.
Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi
dengan kaki bergantian
3.
Meniti di atas papan yang cukup lebar
4.
Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm
(di bawah tinggi lutut anak)
5.
Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan
gerakan pohon, kelinci melompat
|
1.
Menuang air, pasir, atau biji-bijian ke dalam
tempat penampung (mangkuk, ember)
2.
Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan
lidi, kerikil, biji-bijian)
3.
Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil
dengan benang yang agak kaku
4.
Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus
|
4 - 4,5 tahun
|
1.
Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin,
pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3.
Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari
secara terkoordinasi
4.
Melempar sesuatu secara terarah
5.
Menangkap sesuatu secara tepat
6.
Melakukan gerakan antisipasi
7.
Menendang sesuatu secara terarah
8.
Memanfaatkan alat permainan di luar kepala
|
1.
Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung
kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.
Menjiplak bentuk
3.
Mengkoordinasikan mata dan tangan unuk melakukan
gerakan yang rumit
4.
Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan
suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.
Mengekspresikan diri dengan berkarya seni
menggunakan berbagai media
|
4,5 – 6 tahun
|
1.
Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi
untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
2.
Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala
dalam menirukan tarian atau senam.
3.
Melakukan permainan fisik dengan aturan.
4.
Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan kegiatan kebersihan diri
|
1.
Menggambar sesuai gagasannya
2.
Meniru bentuk
3.
Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan
kegiatan
4.
Menggunakan alat tulis dengan benar
5.
Menggunting sesuai dengan pola
6.
Menempel gambar dengan tepat
7.
Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar
secara detail
|
No comments:
Post a Comment