Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, July 9, 2018

Ihwal Teknik Menyusun Kembali Paragraf Acak


2.3.1    Pengertian Teknik Menyusun Kembali Paragraf Acak
Teknik menyusun kembali paragraf acak sebagai salah satu teknik menulis dikemukakan oleh Azies dan Alwasilah dengan istilah teknik rekonstruksi cerita (2000:61). Selain itu digunakan pula oleh Tarigan & Tarigan (1990:199) dengan istilah lain yaitu teknik menyusun kembali. Istilah teknik menyusun kembali paragraf acak bersepadanan makna dan prosedur dengan istilah teknik mengatur kembali. Teknik menyusun kembali paragraf acak merupakan teknik dalam menulis dengan cara rekontruksi karangan yang belum teratur dengan baik menjadi sebuah karangan yang utuh, dan sistematis (Azies dan Alwasilah, 2000:61). Dari definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa teknik menyusun kembali paragraf acak merupakan cara menulis karangan dengan menata kembali paragraf yang ada pada karangan yang sudah dikacaukan susunannya sehingga menjadi sebuah karangan yang runtut, padu, utuh, dan sistematis.
Teknik menyusun kembali paragraf acak atau teknik mengatur kembali dalam menulis karangan narasi menhendaki kemauan siswa dalam menulis sebuah karangan berdasarkan stimulus teks yang susunannya tidak teratur. Rancangan teks yang tidak beraturan tersebut merupakan salah satu bentuk teks narasi yang menggabungkan kompetensi penalaran dan kebahasaan hasil penyusunan kembali tersebut menjadi wujud atau bentuk rekonstruksi bentuk isi karangan narasi yang kohesif dan koheren.

2.3.2    Tujuan Teknik Menyusun Kembali Paragraf Acak
            Tujuan penggunaan teknik menyusun kembali paragraf acak adalah untuk mengembangkan daya kritis dan imajinatf dalam mengidentifikasi dan mengurutkan gagasan, membantu berpikir sistematis atau spasial, meningkatkan kemampuan dalam menata gagasan, membantu menangkap urutan gagasan orang lain, meningkatkan kemampuan menangkap pokok-pokok ide, dan menciptakan iklim belajar menulis yang menantang dan menarik. Lebih jauh lagi, efek yang diharapkan muncul adalah tumbuhnya kemampuan berpikir logis, dan sistematis, memberikan wahana berlatih menulis dan timbulnya minat serta kebiasaan menulis dengan baik.
            Adapun manfaat yang dapat diraih dalam menggunakan teknik menyusun kembali paragraf acak adalah sebagai berikut:
1)        Dapat mengembangkan daya nalar dan berfikir siswa
2)        Dapat menangkap jalan pikiran orang lain dengan jelas
3)        Memiliki kemampuan mengenal penataan gagasan atau pokok karangan
4)        Dapat membedakan dengan tepat struktur karangan
5)        Dapat mengembangkan ide dan imajinasi, dan
6)        Dapat menciptakan pembelajaran menulis yang menantang serta kreatif.

2.3.3    Prosedur Teknik Menyusun Kembali Paragraf Acak
            Prosedur penggunaan teknik menyusun kembali paragraf acak dalam pembelajaran menulis karangan narasi adalah sebagai berikut. Pertama, guru memperlihatkan atau memberikan sebuah teks narasi (cerita) yang susunan paragrafnya sudah dikacaukan. Kedua, siswa membaca seluruh teks narasi untuk menangkap jalan pikiran/ide, mengidentifikasi, atau menentukan urutan karangan narasi yang benar. Ketiga, siswa menulis urutan dalam garis-garis besar cerita. Keempat, siswa menulis ulang berdasarkan urutan cerita yang dianggapnya sistematis. Kelima, siswa membacakan hasil pekerjaannya. Keenam, siswa menerima dan menanggapi komentar dari teman atau guru serta memperbaiki performansinya.
1.      Memperlihatkan Teks Narasi (Susunannya Dikacaukan)
 
            Prosedur tersebut tampak pada bagan berikut.

 







Bagan 2.2

Prosedur Penerapan Menyusun Kembali Paragraf Acak

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts