I.
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
1. Mempraktekkan tata cara berwudhu
2. Mempraktekkan adzan, iqomah, dan shalat
3. Menuliskan surat-surat pilihan membaca Al-Qur’an dengan tajwid
II.
MATERI
1. Ibadah : Tata Cara berwudhu
2. Bacaan dan tata cara adzan, iqamah serta shalat
3. Al-Qur’an : Surat Al-Fatihah dan surat Al-Fill
III.
INDIKATOR
1. Siswa dapat melakukan tata cara berwudhu secara berurutan
2. Siswa dapat mengumandangkan adzan dengan benar
3. Siswa dapat mengumandangkan iqomah
4. Siswa dapat memperagakan shalat dengan kesesuaian gerakan dan
bacaan
5. Siswa dapat menuliskan surat Al-Fatihah dengan benar
6. Siswa dapat membaca Al-Qur’an Surat Al-Fill
IV.
TEKNIK PELAKSANAAN
- Sebelumnya siswa ditugaskan untuk membawa perlengkapan
shalat
- Secara bergiliran siswa dipanggil penguji untuk melakukan
wudhu secara berurutan adzan bagi laki-laki dan iqomah bagi perempuan
- Setelah adzan dan iqomah siswa secara bergiliran
melakukan shalat
- Secara klasikal siswa ditugaskan untuk menulis surat
Al-Fatihah
- Secara bergiliran siswa ditugaskan membaca surat Al-Fill
V.
PENILAIAN
1.
Penilaian Wudhu
a. Kesempurnaan membasuh muka skor 1
b. Kesempurnaan membasuh kedua tangan sampai sikut skor 2
c. Kesempurnaan membasuh sebagian kepala skor 1
d. Kesempurnaan membasuh kedua kaki sampai mata kaki skor 2
e. Melafalkan niat wudhu skor
2
f. Kefasihan dan kelancaran membaca do’a setelah berwudhu skor 2
Skor maksimal
10
2.
Penilaian Adzan dan Iqomah
a. Hafal bacaan Adzan skor 6
b. Lagu/irama skor
4
Skor maksimal 10
3.
Penilaian Shalat
a. Pakaian (menutup aurat) skor
1
b. Bacaan (niat, do’a) skor
5
c. Gerakan/kaifiatnya skor
4
Skor maksimal 10
4.
Penilaian Menulis Al-Qur’an Surat Al-Fatihah
a. Kesempurnaan tulisan skor
6
b. Kesempurnaan harokat skor
4
Skor maksimal 10
5.
Penilaian Bacaan Al-Al-Qur’an Surat Al-Fill
a. Adab skor
3
b. Makhroj skor
4
c. Kelancaran skor
3
Skor maksimal 10
NA=
Jumlah nilai yang diperoleh x 100 50
No comments:
Post a Comment