Menurut Chaniago dalam Kamus
Lengkap Bahasa Indonesia (2002:427) “Pemahaman adalah sesuatu hal yang kita
pahami dan kita mengerti dengan benar”. Sedangkan menurut Suharsimi
(2009:118) menyatakan bahwa “Pemahaman (comprehension)
adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas,
menyimpulkan, menggeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan
memperkirakan”.
Pembelajaran yang telah dilaksanakan lebih mengaktifkan siswa untuk
telibat selama proses pembelajaran berlangsung. Interaksi antara guru
dengan siswa lebih akrab sehingga guru lebih mengenal anak didiknya dengan
baik. Terkait dengan pandangan di atas, saat ini, guru dituntut untuk
melakukan inovasi terbaru.
Jika dikaitkan dengan belajar pendidikan kewarganegaraan maka pemahaman
terjadi karena evaluasi yang dilakukan guru dalam mempelajari pelajaran. Agar
dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan dan pengajaran maka perlu
dilakukan usaha dan tindakan atau kegiatan untuk menilai pemahaman siswanya.
Faktor lingkungan dan instrumental (misalnya guru, kurikulum
dan model pembelajaran). Benyamin Bloom mengemukakan tiga faktor utama yang
mempengaruhi hasil belajar, yaitu kemampuan kognitif, motivasi berprestasi
dan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran adalah kualitas kegiatan
belajar mengajar yang dilakukan terkait dengan model pembelajaran yang
digunakan.
Kognitif menunjukkan tujuan pendidikan yang terarah kepada kemampuan
– kemampuan intelektual, kemampuan berpikir maupun kecerdasan yang akan
dicapai. Domain kognitif oleh Benyamin Bloom dalam Uno (2009:138) di bagi menjadi atas 6
kategori yang cenderung hierarkis. Keenam kategori itu adalah 1). Ingatan,
2). Pemahaman, 3). Aplikasi, 4) Analisis, 5). Sintesis dan 6). Evaluasi.
Tujuan kognitif inilah yang selama ini sangat diutamakan dalam
pendidikan di Indonesia, kurang memperhatikan domain yang lain. Apabila hal
tersebut dibiarkan tersebut menerus tanpa sama sekali memperhatikan domain yang
lain, kiranya mudah dipahami kalau hasil pendidikan kita
No comments:
Post a Comment