RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : V/ I
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit
A.   
Standar  Kompetensi      :           
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah
B.    
Kompetensi
Dasar 
1.5  Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
C.   
Tujuan
Pembelajaran** 
Peserta
didik dapat :
§  Memecahkan masalah yang
melibatkan akar pangkat
v 
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
D.   
Materi
Ajar
Perpangkatan dan Akar Sederhana
§  Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua
E.    
Metode
Pembelajaran 
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.    
Langkah-langkah
Pembelajaran           :
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengulang kembali kesimpulan mencari FPB dan KPK.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB 
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menceritakan
kegunaan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari setelah itu melakukan
percobaan dengan alat percobaan (manik-manik, Lonceng dll)
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan. 
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
G.   
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika  SD   untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 
§  White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.   
Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Memecahkan masalah yang
  melibatkan akar pangkat 
 | 
  
   
Tugas IndVidu  
dan Kelompok 
 | 
  
   
Isian  dan
  uraian 
 | 
  
   
o  Sugi latihan karate 4 hari
  sekali, Adit latihan karate 5 hari sekali pada hari ke berapakah ani dan Adit
  latihan karate bersama-sama? 
o  ibu mempunyai lemper 24
  buah dan bolu kukus sebanyak 60 buah yang akan disimpan dalam piring dengan jumlah
  lemper dan bolu kukus sama banyak, berapa banyak piring yang harus disediakan
  oleh ibu dan berapaka jumlah lemper dan bolu kukus ada masing-masing piring? 
dst. 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
& 
Produk
( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
& 
Performansi
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment