RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.5 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Memecahkan masalah yang
melibatkan akar pangkat
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Perpangkatan dan Akar Sederhana
§ Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengulang kembali kesimpulan mencari FPB dan KPK.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menceritakan
kegunaan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari setelah itu melakukan
percobaan dengan alat percobaan (manik-manik, Lonceng dll)
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Memecahkan masalah yang
melibatkan akar pangkat
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Isian dan
uraian
|
o Sugi latihan karate 4 hari
sekali, Adit latihan karate 5 hari sekali pada hari ke berapakah ani dan Adit
latihan karate bersama-sama?
o ibu mempunyai lemper 24
buah dan bolu kukus sebanyak 60 buah yang akan disimpan dalam piring dengan jumlah
lemper dan bolu kukus sama banyak, berapa banyak piring yang harus disediakan
oleh ibu dan berapaka jumlah lemper dan bolu kukus ada masing-masing piring?
dst.
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment