RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 1-5
Alokasi Waktu                   : 10  x 35
Menit
A.   
Standar  Kompetensi      :           
1.  Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.    
Kompetensi
Dasar
1.2  Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.   
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§  Menggunakan sifat
komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
§  Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§  Menaksir hasil operasi
hitung dua bilangan
v 
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility )
D.   
Materi
Ajar
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
§  Penggunaan sifat
komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§  Pembulatan bilangan dalam
satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§  Menaksir hasil operasi
hitung dua bilangan
E.    
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
F.    
Langkah-langkah
Pembelajaran           :
  Pertemuan
ke 1-2
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada
kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa
memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan
sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan  4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat
komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik
kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
§
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan  pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  Pertemuan
ke 3-5
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan
bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menjelaskan
cara membulatkan bilangan dan menaksir 
dengan menggunakan garis bilangan.
                   
1       2       
3       4      5      
6     7      8     
9     10
                      dibulatkan ke bawah            dibulatkan ke atas
F
Kemudian
melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu
siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi
hitung.
§
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan  pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.   
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika  SD   untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 
§  Kancing Baju 
§  White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.   
Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Menggunakan
  sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
  efisien 
o  Membulatkan
  bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat 
o  Menaksir
  hasil operasi hitung dua bilangan 
 | 
  
   
Tugas IndVidu  
dan Kelompok 
 | 
  
   
Laporan buku pekerjaan rumah 
 | 
  
   
o 
  50 + 17 = …….+……. 
o 
  –12 X 5 = …….+…… 
o 
  12 + ( 14 + 70) = (….+….) + …. 
o 
  10 X (-19 X 5)   = (….+…) + …. 
o 
  –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….) 
o 
  dst. 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
& 
Produk
( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment