Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SBK KLS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                    : SDN 
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 2
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.

II. Tujuan Pembelajaran
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
Jenis motif hias. Bentuk objek

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Model karya seni rupa tiga dimensi
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian
         
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         mengidentifikasi jenis motif hias.
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan jenis motif hias


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts