RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   :   V/ 2
Pertemuan Ke                    :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35
Menit
A.   
Standar  Kompetensi 
    :           
6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.    
Kompetensi
Dasar           
6.1  Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
C.   
Tujuan
Pembelajaran     
Peserta
didik dapat :
§  Mengetahui sifat-sifat bangun datar 
dan bangun ruang 
v 
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility )
D.   
Materi
Ajar
Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang,
Kesebangunan dan Simetri
E.    
Metode
Pembelajaran     
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori,
demonstrasi
F.    
Langkah-langkah
Pembelajaran           
  Pertemuan
ke 1-4
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengadakan penelitian ke seluruh ruang kelas mencari mana
yang berbentuk bangun datar.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengetahui sifat-sifat bangun datar 
dan bangun ruang 
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
siswa menemukan bangun datar apa saja yang berada di dalam kelas guru membagi
siswa dalam kelompok.
F
Melakukan
diskusi kelompok  dengan arahan guru
untuk menentukan sifat-sifat bangun datar segitiga, persegi panjang, persegi,
trapesium, jajar genjang, lingkarang, belah ketupat, layang-layang .
F
Menguji
pemahaman dan kemampuan siswa dalam soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kesimpulan yang didapatkan pada saat diskusi kelas memberikan
pekerrjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya. .
G.   
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika  SD   untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 
§  Macam-macam bentuk bangun
datar
H.   
Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Mengenal
  perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan 
o  Menghitung
  perbanding untuk mengukur suhu dan skala 
 | 
  
   
Tugas Indvidu  
 | 
  
   
Pilihan ganda dan isian 
 | 
  
   
o 
  Berikut
  ini merupakan sifat-sifat  dari persegi
  kecuali……………….. 
a. Keempat sisinya sama panjang              
b. Besar seluruh sudutnya 1800 
c. Keempat sudutnya berbentuk siku-siku      d. Besar setiap sudutnya  900 
o  Berikut ini
  merupakan sifat-sifat dari layang-layang 
  kecuali…………… 
a.  
  Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang 
b.  Kedua diagonalnya tidak saling berpotongan 
c.   Jumlah besar sudutnya 3600 
d.  Memiliki sepasang sudut
  yang sama besar. 
o  Daerah yang
  Berbentuk segitiga pada gambar di bawah ini adalah……………….  
                                      
a. Jari-jari                             
b. busur 
d. Diameter 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:
Post a Comment