Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR KLS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   :   V/ 2
Pertemuan Ke                    :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun

B.     Kompetensi Dasar          
6.1  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

C.    Tujuan Pembelajaran    
Peserta didik dapat :
§  Mengetahui sifat-sifat bangun datar  dan bangun ruang

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility )

D.    Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang, Kesebangunan dan Simetri

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori, demonstrasi

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
  Pertemuan ke 1-4
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengadakan penelitian ke seluruh ruang kelas mencari mana yang berbentuk bangun datar.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengetahui sifat-sifat bangun datar  dan bangun ruang
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Setelah siswa menemukan bangun datar apa saja yang berada di dalam kelas guru membagi siswa dalam kelompok.
F Melakukan diskusi kelompok  dengan arahan guru untuk menentukan sifat-sifat bangun datar segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajar genjang, lingkarang, belah ketupat, layang-layang .
F Menguji pemahaman dan kemampuan siswa dalam soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kesimpulan yang didapatkan pada saat diskusi kelas memberikan pekerrjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Macam-macam bentuk bangun datar

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

Tugas Indvidu

Pilihan ganda dan isian

o  Berikut ini merupakan sifat-sifat  dari persegi kecuali………………..
a. Keempat sisinya sama panjang            
b. Besar seluruh sudutnya 1800
c. Keempat sudutnya berbentuk siku-siku      d. Besar setiap sudutnya  900
o  Berikut ini merupakan sifat-sifat dari layang-layang  kecuali……………
a.   Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang
b.  Kedua diagonalnya tidak saling berpotongan
c.   Jumlah besar sudutnya 3600
d.  Memiliki sepasang sudut yang sama besar.
o  Daerah yang Berbentuk segitiga pada gambar di bawah ini adalah……………….
Oval:                          

                                     
a. Jari-jari                           
b. busur
c. Juring                             
d. Diameter







Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts