RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi
:
6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Mengetahui sifat-sifat bangun datar
dan bangun ruang
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab (responsibility )
D.
Materi
Ajar
Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang,
Kesebangunan dan Simetri
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori,
demonstrasi
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-4
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengadakan penelitian ke seluruh ruang kelas mencari mana
yang berbentuk bangun datar.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengetahui sifat-sifat bangun datar
dan bangun ruang
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
siswa menemukan bangun datar apa saja yang berada di dalam kelas guru membagi
siswa dalam kelompok.
F
Melakukan
diskusi kelompok dengan arahan guru
untuk menentukan sifat-sifat bangun datar segitiga, persegi panjang, persegi,
trapesium, jajar genjang, lingkarang, belah ketupat, layang-layang .
F
Menguji
pemahaman dan kemampuan siswa dalam soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kesimpulan yang didapatkan pada saat diskusi kelas memberikan
pekerrjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya. .
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Macam-macam bentuk bangun
datar
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengenal
perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung
perbanding untuk mengukur suhu dan skala
|
Tugas Indvidu
|
Pilihan ganda dan isian
|
o
Berikut
ini merupakan sifat-sifat dari persegi
kecuali………………..
a. Keempat sisinya sama panjang
b. Besar seluruh sudutnya 1800
c. Keempat sudutnya berbentuk siku-siku d. Besar setiap sudutnya 900
o Berikut ini
merupakan sifat-sifat dari layang-layang
kecuali……………
a.
Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang
b. Kedua diagonalnya tidak saling berpotongan
c. Jumlah besar sudutnya 3600
d. Memiliki sepasang sudut
yang sama besar.
o Daerah yang
Berbentuk segitiga pada gambar di bawah ini adalah……………….
a. Jari-jari
b. busur
c. Juring
d. Diameter
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment