RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.4 Menghitung Perpangkatan dan
akar sederhana
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Mencari hasil pemangkatan dua
§ Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
§ Mengenal arti pangkat dua
dari suatu bilangan
§ Mencari hasil penarikan
perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
§ Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab (responsibility )
D.
Materi
Ajar
Perpangkatan dan Akar Sederhana
§ Menuliskan perpangkatan dua sebagai
perkalian berulang
§ Operasi hiitung yang
melibatkan bilangan berpangkat dua
§ Penarikan akar pangkat dua
dari bilangan kuadrat
§ Membandingkan Bilangan
bertanda akar
kuadrat dengan bilangan lain
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke 1
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi
-
Memberikan motivasi dan semangat dengan permainan atau
cerita pendek.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
cara melakukan operasi hitung bilangan berpangkat dua, memberikan beberapa
permasalahan melakukantanya jawab dengan siswa.
Contoh Permasalahan:
1. 82 + 4 2=
(8 x 8) + (4 x 4) apakah hasilnya sama
dengan 82 + 4 2 =
( 8 + 4 ) 2
2. 62 x 52
= (6x 6) + (5 x 5) apakah hasilnya sama dengan 62 x 52 = (6 x 5 ) 2
Manakahyang benar?
F
Mengingatkan
kembali tentang aturan baku operasi hitung campuran bilangan bulat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
tabel perkalian dari perkalian 1 sampai dengan 10 lalu beri warna bilangan yang
dikalikan bilangan yang sama, melakukan diskusi dan bersama-sama menarik
kesimpulan.
F
Siswa
diuji keterampilan dan kemampuan dengan
mengerjakan soal-soal latihan tremasuk soal operasi hitung campuran bilangan
berpangkat dua.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
meriview kembali mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan
rumah dan memberi tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
Pertemuan
ke 2-3
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengulang sedikit materi tentang bilangan berpangkat dua
dan hubungannya dengan penarikan akar pangkat dua.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
cara melakukan penarikan akar pangkat dua dengan beberapa cara, siswa dapat
bebas memilih cara mana yang dimengerti untuk memecahkan permasalahan pada
soal. Penarikan akar dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1. Faktorisasi Prima
2. Cara Bersusun
3. Cara Menaksir
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya dalam menarik akar pangkat dua termasuk
soal latihan operasi hitung akar pangkat dua.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru meriview kembali mengenai materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan
ke 4-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengulang sedikit
materi tentang cara menarik akar pangkat dua.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menghitung
Perpangkatan dan akar sederhana
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi dan memecahkan permasalahan
soal-soal pada buku paket.
F
Menceritakan
tentang manfaat dan kegunaan akar pangkat dua
dan bilangan pangkat dua dalam kehidupan sehari –hari lalu mencoba
penerapannya dalam soal cerita.
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 A Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ White board, papan tulis, spidol,
kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mencari hasil pemangkatan
dua
o Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
o Mengenal arti pangkat dua
dari suatu bilangan
o Mencari hasil penarikan
perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
o Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Isian
|
o Arti dari 52 ………..
o 122 = ….x ….=….
o 502 +
102 = ……
o 602 : 202 – 102 =…….
o Gunakan lah tanda >,
< atau = pada titik-titik yang telah disediakan!
o +
………..35
o 36 …………………
o - ……….
o Halaman sekolah Amir
berbentuk persegi dengan sisi 14 m.
hitunglah luas halaman sekolah amin?
o Ibu membeli 12 lusin
piring dan gelas. Berapa banyak jumlah piring dan gelas yang di beli ibu.
o Sawah Pak Karta berbentuk
persegi panjang dengan luas 1024 m2. berapakah panjang sisi kebun Pak Karta?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment