RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-8
Alokasi Waktu : 16 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.2 Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Menjumlahkan pecahan
berpenyebut tidak sama
§ Menjumlahkan pecahan biasa
dengan pecahan campuran
§ Menjumlahkan pecahan
campuran dengan persen dan desimal serta campuran
§ Menjumlahkan pecahan biasa
dengan persen dan pecahan desimal
§ Menjumlahkan tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
§ Mengurangkan pecahan dari
bilangan asli
§ Mengurangkan pecahan
berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
§ Mengurangkan dua pecahan
campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
§ Penjumlahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
§ Pengurangan pecahan dengan
persen dan desimal
§ Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab
( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Operasi Hitung Pecahan
Operasi
penjumlahan dan pengurangan
§ Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
§ Pemecahan masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali cara menjumlahkan pecahan yang telah
dipelajari di kelas sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi mencari perbedaan menjumlahkan pecahan berpenyebut sama dan yang
berpenyebut beda, setelah muncul permasalahan dari diskusi tersebut guru
memberikan arahan-arahan guna menyelesaikan permasalahan sampai permasalahan
itu terjawab.
F
Bersama-sama
menyimpulkan cara menjumlahkan peahan yang berpenyebut beda dan juga cara
menjumlahkan pecahan campuran.
F
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan siswa
dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .
Pertemuan
ke 3-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkn kembali cara mengurangkan pecahan yang telah
dipelajari di kelas sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi mencari perbedaan mengurangkan pecahan berpenyebut sama dan yang
berpenyebut beda, setelah muncul permasalahan dari diskusi tersebut guru
memberikan arahan-arahan guna menyelesaikan permasalahan sampai permasalahan itu
terjawab.
F
Bersama-sama
menyimpulkan cara mengurangkan peahan yang berpenyebut beda dan juga cara
menjumlahkan pecahan campuran.
F
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan siswa
dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .
Pertemuan
ke 6-8
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali cara mengurangkan dan menjumlahkan
pecahan yang telah pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengingatkan
kembali aturan-aturan dalam operasi hitung campuran yang telah dipelajari
sebelumnya, bersama-sama membahas suatu persoalan yang melibatkan operasi
hitung campuran pada pecahan..Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru mengulang kembali kegiatan
yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah, menginformasikan materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal
serta campuran
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan
desimal
o Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara
berturut-turut
o Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan
biasa dari pecahan campuran
o Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak
sama
o Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
o Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah
sehari-hari
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o + = …………..
o + = …………..
o + + = …………
o - = ………………..
o - = ……………..
o - - = ………………
o - + = …………..
o + - = ………..
o - + = …..........……
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment