RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   :   V/ 2
Pertemuan Ke                    :   1-8
Alokasi Waktu                   :   16 x 35
Menit
A.   
Standar  Kompetensi      :           
5.   Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.    
Kompetensi
Dasar 
5.2  Menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
C.   
Tujuan
Pembelajaran     
Peserta
didik dapat :
§  Menjumlahkan pecahan
berpenyebut tidak sama 
§  Menjumlahkan pecahan biasa
dengan pecahan campuran
§  Menjumlahkan pecahan
campuran dengan persen dan desimal serta campuran
§  Menjumlahkan pecahan biasa
dengan persen dan pecahan desimal
§  Menjumlahkan tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
§  Mengurangkan pecahan dari
bilangan asli
§  Mengurangkan pecahan
berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
§  Mengurangkan dua pecahan
campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
§  Penjumlahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
§  Pengurangan pecahan dengan
persen dan desimal
§  Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari
v 
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab 
( responsibility )
D.   
Materi
Ajar          
Operasi Hitung Pecahan
            Operasi
penjumlahan dan pengurangan  
§  Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
§  Pemecahan masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
E.    
Metode
Pembelajaran 
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.    
Langkah-langkah
Pembelajaran
  Pertemuan
ke 1-2
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali cara menjumlahkan pecahan yang telah
dipelajari di kelas sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi mencari perbedaan menjumlahkan pecahan berpenyebut sama dan yang
berpenyebut beda, setelah muncul permasalahan dari diskusi tersebut guru
memberikan arahan-arahan guna menyelesaikan permasalahan sampai permasalahan
itu terjawab.
F
Bersama-sama
menyimpulkan cara menjumlahkan peahan yang berpenyebut beda dan juga cara
menjumlahkan pecahan campuran.
F
Guru
menguji keterampilan  dan kemampuan siswa
dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan  pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .
  Pertemuan
ke 3-5
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkn kembali cara mengurangkan pecahan yang telah
dipelajari di kelas sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi mencari perbedaan mengurangkan pecahan berpenyebut sama dan yang
berpenyebut beda, setelah muncul permasalahan dari diskusi tersebut guru
memberikan arahan-arahan guna menyelesaikan permasalahan sampai permasalahan itu
terjawab.
F
Bersama-sama
menyimpulkan cara mengurangkan peahan yang berpenyebut beda dan juga cara
menjumlahkan pecahan campuran.
F
Guru
menguji keterampilan  dan kemampuan siswa
dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan  pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .
  Pertemuan
ke 6-8
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali cara mengurangkan dan menjumlahkan
pecahan yang telah pada pertemuan 
sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengingatkan
kembali aturan-aturan dalam operasi hitung campuran yang telah dipelajari
sebelumnya, bersama-sama membahas suatu persoalan yang melibatkan operasi
hitung campuran pada pecahan..Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru mengulang kembali kegiatan
yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah, menginformasikan materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya
G.   
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika  SD   untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 
H.   
Penilaian
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
Teknik Penilaian 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Instrumen/ Soal 
 | 
 
o  Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama  
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran 
o  Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal
  serta campuran 
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan
  desimal 
o  Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara
  berturut-turut 
o  Mengurangkan pecahan dari bilangan asli 
o  Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan
  biasa dari pecahan campuran 
o  Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan
  berpenyebut tidak sama secara berturut-turut 
o  Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak
  sama 
o  Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal 
o  Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah
  sehari-hari 
 | 
  
Tugas Indvidu 
 | 
  
Isian 
 | 
  
o    
o   
o    
o   
o   
o   
o   
o   
o   
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
No. 
 | 
  
Aspek 
 | 
  
Kriteria 
 | 
  
Skor 
 | 
 
1. 
 | 
  
Konsep 
 | 
  
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
No. 
 | 
  
Aspek 
 | 
  
Kriteria 
 | 
  
Skor 
 | 
 
1. 
2. 
 | 
  
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
No 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Performan 
 | 
  
Produk 
 | 
  
Jumlah Skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 |
Pengetahuan 
 | 
  
Sikap 
 | 
 |||||
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
 | 
  ||||||
   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment