RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu                          :
  4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :
  Ceramah
A.   
Standar
Kompetensi       : 
3.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
B.    
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
C.   
Tujuan
Pembelajaran**: 
o  
Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang
menyesuaikan dengan lingkungannya
o  
Siswa dapat Mememahami penyesuaian diri
hewan-hewan dalam memperoleh makanan
o  
Siswa dapat Mememahami hewan-hewan dalam
melindungi diri dari musuhnya
& Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.   
Materi
Essensial
Penyesuaian dengan
lingkungannya 
o   Hewan
menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan 
o   Hewan
melindungi diri dari musuhnya
E.    
Media
Belajar
o   Buku  ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
F.    
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
| 
   
Pertemuan ke-1 
 | 
  
   | 
 
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 
  
 
& sEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F
  Siswa
  dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya 
F
  Mememahami
  penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan 
-   Kupu-kupu → alat penghisap nektar
  yang panjang (probosis) 
-   Lebah→ mempunyai bentuk mulut
  penjilat 
-   Nyamuk →  mempunyai bentuk mulut penusuk  
-   Burung →  mempunyai bentuk paruh dan kaki beraneka
  ragam 
-   Unta →  mempunyai punuk 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Melakukan
  tugas 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan 
o  
  Bentuk
  dan susunan tubuh hewan sesuai dengan jenis dan cara memperoleh makanannya 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 
  
 
- 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Pertemuan ke-2 
 | 
  
   | 
 
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 
  
 
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya 
F
  Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya 
-   Bunglon → dapat mengubah warna
  tubuhnya 
-   Walang sangit → mengeluarkan bau
  yang sangat menyengat  
-   Walang daun →  bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun 
-   Harimau, anjing dan singa →
  mempunyai kuku dan gigi yang tajam 
-   Sapi, kambing, kerbau dan kijang
  →  mempunyai tanduk yang runcing 
-   Kala jengking, kelabang, dan
  lebah → mempunyai sengat 
-   Ular berbisa → mempunyai bisa
  (racun) 
-   Ular tak berbisa → melindungi
  diri dengan membelitkan tubuh ke tubuh  
                                 
  musuhnya 
-   Cumi-cumi →  menyemburkan cairan seperti tinta 
-   Siput → mempunyai pelindung tubuh
  yang keras yang disebut rumah siput 
-   Musang dan kumbang →  berpura-pura mati ketika diserang musuh 
-   Cecak →  memutuskan ekor 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Melakukan
  tugas 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan 
o  
  Hewan
  melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang berbeda-beda 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 
  
 
o  
  - 
 | 
  
   | 
 
G.   
Penilaian:
| 
   
Indikator Pencapaian Kompetensi  
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Memberikan contoh cara hewan
  menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
  melindungi diri dari musuhnya. 
 | 
  
   
Tugas
  Individu  
 | 
  
   
Laporan 
Uraian Objektif 
 | 
  
   
o  Sebutkanlah contoh cara hewan
  menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
  melindungi diri dari musuhnya. 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
&   LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 ||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment