RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
3.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang
menyesuaikan dengan lingkungannya
o
Siswa dapat Mememahami penyesuaian diri
hewan-hewan dalam memperoleh makanan
o
Siswa dapat Mememahami hewan-hewan dalam
melindungi diri dari musuhnya
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Penyesuaian dengan
lingkungannya
o Hewan
menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan
o Hewan
melindungi diri dari musuhnya
E.
Media
Belajar
o Buku ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
F
Mememahami
penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan
- Kupu-kupu → alat penghisap nektar
yang panjang (probosis)
- Lebah→ mempunyai bentuk mulut
penjilat
- Nyamuk → mempunyai bentuk mulut penusuk
- Burung → mempunyai bentuk paruh dan kaki beraneka
ragam
- Unta → mempunyai punuk
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
tugas
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
kesimpulan
o
Bentuk
dan susunan tubuh hewan sesuai dengan jenis dan cara memperoleh makanannya
|
(5 menit)
|
-
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
F
Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
- Bunglon → dapat mengubah warna
tubuhnya
- Walang sangit → mengeluarkan bau
yang sangat menyengat
- Walang daun → bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun
- Harimau, anjing dan singa →
mempunyai kuku dan gigi yang tajam
- Sapi, kambing, kerbau dan kijang
→ mempunyai tanduk yang runcing
- Kala jengking, kelabang, dan
lebah → mempunyai sengat
- Ular berbisa → mempunyai bisa
(racun)
- Ular tak berbisa → melindungi
diri dengan membelitkan tubuh ke tubuh
musuhnya
- Cumi-cumi → menyemburkan cairan seperti tinta
- Siput → mempunyai pelindung tubuh
yang keras yang disebut rumah siput
- Musang dan kumbang → berpura-pura mati ketika diserang musuh
- Cecak → memutuskan ekor
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
tugas
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
kesimpulan
o
Hewan
melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang berbeda-beda
|
(5 menit)
|
o
-
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Memberikan contoh cara hewan
menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
melindungi diri dari musuhnya.
|
Tugas
Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah contoh cara hewan
menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
melindungi diri dari musuhnya.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment