Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP KLS 5 Materi Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

B.     Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
o   Siswa dapat Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan
o   Siswa dapat Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Penyesuaian dengan lingkungannya
o   Hewan menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan
o   Hewan melindungi diri dari musuhnya

E.     Media Belajar
o   Buku  ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
F Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan
-   Kupu-kupu → alat penghisap nektar yang panjang (probosis)
-   Lebah→ mempunyai bentuk mulut penjilat
-   Nyamuk →  mempunyai bentuk mulut penusuk
-   Burung →  mempunyai bentuk paruh dan kaki beraneka ragam
-   Unta →  mempunyai punuk
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tugas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan
o   Bentuk dan susunan tubuh hewan sesuai dengan jenis dan cara memperoleh makanannya


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
F Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
-   Bunglon → dapat mengubah warna tubuhnya
-   Walang sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat
-   Walang daun →  bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun
-   Harimau, anjing dan singa → mempunyai kuku dan gigi yang tajam
-   Sapi, kambing, kerbau dan kijang →  mempunyai tanduk yang runcing
-   Kala jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat
-   Ular berbisa → mempunyai bisa (racun)
-   Ular tak berbisa → melindungi diri dengan membelitkan tubuh ke tubuh
                                  musuhnya
-   Cumi-cumi →  menyemburkan cairan seperti tinta
-   Siput → mempunyai pelindung tubuh yang keras yang disebut rumah siput
-   Musang dan kumbang →  berpura-pura mati ketika diserang musuh
-   Cecak →  memutuskan ekor
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tugas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan
o   Hewan melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang berbeda-beda


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -



G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.


Tugas Individu



Laporan

Uraian Objektif

o  Sebutkanlah contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 
 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts