RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah     :  SDN 
Mata Pelajaran    : 
Pendidikan Kewarganegaraan                       
Kelas                     :  V
(Lima) 
Semester               : 
I (Satu)
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**               
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar                 
1.1.    Medeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
A.  Tujuan
Pembelajaran
§  Siswa dapat mengetahui batas
utara, selatan, timur, dan barat NKRI. 
§  Siswa dapat mengetahui luas
wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.  
§  Siswa dapat memahami tujuan
penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah
darat NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah
laut NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah
udara NKRI. 
v 
Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas (integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.  Materi Ajar
§  Batas wilayah NKRI, luas
wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas
fisik NKRI. 
§  Fungsi wilayah darat, laut,
dan udara NKRI. 
C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.
D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
–     Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
–     Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran 
–     Guru dan siswa bertanya jawab
tentang fungsi peta dunia.
§  Kegiatan Inti 
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang
besar dan dapat dilihat oleh semua siswa. 
F Guru menjelaskan batas-batas utara,
selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk batas-batas tersebut pada
peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat. 
F Guru menyiapkan kelas diskusi. 
F Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara
bergiliran
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
–     Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar. 
–     Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
–     Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
–     Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
–     Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran 
–     Guru dan siswa bertanya jawab
tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat
terbang. 
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru dan siswa bertanya jawab secara
general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3
kelompok atau kelipatannya.
F Guru mengundi topik darat, laut, atau
udara untuk semua kelompok. 
F Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka
dapatkan. 
F Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan
di depan teman-teman.
F Teman-teman dari kelompok lain menanggapi
hasil diskusi kelompok teman. 
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø 
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø 
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø 
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø 
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø 
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
§  Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan 
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Peta dunia.
§  Gambar/foto tempat-tempat
indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara. 
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
               F.  Penilaian   
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
§ Menjelaskan pengertian NKRI 
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI. 
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.  
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan
  NKRI 
§  Menjelaskan
  fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI. 
§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI,
  serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.  
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.  
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI. 
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI. 
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI. 
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.   
 | 
  
   
§ Diskusi
  kelompok 
§ Diskusi
  kelompok 
 | 
  
   
§ Penilaian lisan. 
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku). 
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi). 
§ Penilaian lisan. 
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku). 
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
  keterlibatan dalam diskusi). 
 | 
  
   
§ NKRI adalah .... 
§ Indonesia merupakan negara berbentuk .... 
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya .... 
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena .... 
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum  untuk ....  
§ Batas utara NKRI adalah .... 
§ Batas selatan 
  NKRI adalah .... 
§ Batas barat NKRI adalah .... 
§ Batas timur NKRI adalah .... 
§ Indonesia terletak di ... derajat ... 
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ... 
§ sampai ... derajat .... 
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah .... 
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah .... 
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah .... 
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah .... 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
& 
Produk
( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
& 
Performansi
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment