RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert.
9 – 11 (3 minggu)
I.
Standar Kompetensi
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
2.2
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran
¨ Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian (carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Persiapan kemerdekaan Indonesia dan
perumusan dasar negara
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 9 – 11)
· Pendahuluan
-
Melakukan
tanya jawab yang berkaitan dengan materi
-
Bertanya
jawab. dengan siswa mengenai tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Menjelaskan penting usaha dan kerja keras
para tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Memberi tugas melakukan studi pustaka
secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam
persiapan mencapai kemerdekaan
F Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya
perumusan dasar negara bagi Indonesia secara berkebmpok
F Menugaskan siswa mengenali tokoh-tokoh
yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
F Menugaskan siswa untuk menuliskan
bagaimana cara menghargai para pahlawan
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat : Gambar
§ Sumber :
Pengetahuan Sosial
VII.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan
kemerdekaan
§ Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum
kemerdekaan
§ Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan
kemerdekaan
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment