Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KLS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester           :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 9 – 11 (3 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.2  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran
¨      Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian (carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 9 – 11)
·       Pendahuluan
-      Melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
-      Bertanya jawab. dengan siswa mengenai tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan

·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan penting usaha dan kerja keras para tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi tugas melakukan studi pustaka secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan
F Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya perumusan dasar negara bagi Indonesia secara berkebmpok
F Menugaskan siswa mengenali tokoh-tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
F Menugaskan siswa untuk menuliskan bagaimana cara menghargai para pahlawan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          : Pengetahuan Sosial

VII.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis

Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts