RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Tumbuhan Hijau
Waktu                          :
  4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :
  Ceramah dan praktek
A.   
Standar
Kompetensi       : 
2. Memahami cara
tumbuhan hijau membuat makanan
B.    
Kompetensi
Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
C.   
Tujuan
Pembelajaran**: 
o  
Siswa dapat Memahami proses pembuatan makanan
pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o  
Siswa dapat Mengetahui bahan-bahan yang
diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-      
air → diperoleh melalui akar
-      
karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-      
cahaya matahari → diserap oleh klorofil
o  
Siswa dapat Mengetahui proses pengubahan air dan
karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)
o  
Siswa dapat Mengetahui hasil fotosintesis berupa
-      
Karbohidrat
-      
oksigen
o  
Siswa dapat Mengetahui tempat menyimpan makanan
cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya 
a.      
di dalam umbi
b.     
di dalam buah
c.      
dalam biji
d.     
di dalam batang.
& Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.   
Materi
Essensial
Pembuatan makanan
pada tumbuhan hijau
o   Proses
tumbuhan hijau membuat makanan 
o   Pengaruh
cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau
E.    
Media
Belajar
o   Buku  ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
F.    
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
| 
   
Pertemuan ke-1  
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||||||||
  
 
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau 
F Memahami
  proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis 
F
  Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan
  tumbuhan untuk membuat
  makanan 
-   
  air
  → diperoleh melalui akar 
-   
  karbon
  dioksida →  masuk dari udara melalui
  stomata dan lentisel 
-   
  cahaya
  matahari → diserap oleh klorofil 
F Mengetahui
  proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan
  gambar ) 
F
  Mengetahui hasil fotosintesis berupa 
-   
  Karbohidrat 
-   
  oksigen 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||||||||
  
 
o  
  Mengulang
  proses fotosintesis 
o  
  Proses
  pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis 
o  
  Hasil
  fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||||||||
  
 
o  
  Tugas
   
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
Pertemuan ke-2 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Menagih
  tugas  
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||||||||
  
 
& sEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau 
F
  Memahami bahwa karbohidrat yang dihasilkan
  digunakan untuk
  tumbuh, memperbanyak diri dan makanan cadangan 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Menyebutkan
  tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan  
a.      
  di
  dalam umbi 
 
b.     
  di
  dalam buah 
 
c.      
  di
  dalam biji 
 
d.     
  di
  dalam batang 
 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||||||||
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan  
-      
  Makanan
  cadangan disimpan di dalam umbi, buah, biji dan batang 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||||||||
  
 
o  
  - 
 | 
  
   | 
 
G.   
Penilaian:
| 
   
Indikator Pencapaian Kompetensi  
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau
  membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #) 
o  Menunjukkan tempat tumbuhan
  menyimpan cadangan makanan. 
 | 
  
   
Tugas
  Individu  
 | 
  
   
Laporan
  dan unjuk kerja 
Uraian Objektif 
 | 
  
   
o  Jelaskanlah proses tumbuhan hijau
  membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #) 
o  Sebutkanlah tempat tumbuhan
  menyimpan cadangan makanan. 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
&   LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 ||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment