RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah     :   SDN 
Mata Pelajaran    : 
Pendidikan Kewarganegaraan                                   
Kelas                     :  V
(Lima) 
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu   
:  6 x 35  menit (3 pertemuan).
Standar Kompetensi**               
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar                       
1.2.    Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memahami arti
penting keutuhan NKRI. 
§  Siswa dapat menjelaskan fungsi
Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. 
§  Siswa dapat menjelaskan makna
kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
v 
Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas (integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.   Materi Ajar
§  Arti penting keutuhan NKRI
§  Fungsi Pancasila sebagai
perekat persatuan bangsa
§  Makna kesatuan wilayah
Indonesia
C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.
D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
–     Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
–     Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran 
–     Guru bertanya kepada siswa
tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah. 
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru berceramah kepada siswa
tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan aktivitas
sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan
keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan;
serta   legalitas negara yang lengkap dengan
hukum dan peraturan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah
siswa dalam beberapa kelompok. 
F Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan
NKRI dengan panduan guru. 
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara
bergiliran di depan teman-teman. 
F Siswa lain menanggapi hasil diskusi
kelompok teman
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar. 
F Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
–    
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–    
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran 
–    
Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.
§  Kegiatan Inti 
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta seorang siswa
membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain
menirukannya. 
F Siswa memperhatikan gambar
lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang
tersebut. 
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk lambang sila
pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya
secara bersama-sama. 
F Guru bercerita tentang
sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
F Guru mengatur kelas untuk
berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa mendiskusikan
fungsi  Pancasila bagi NKRI dengan
panduan guru. 
F Siswa melaporkan hasil diskusi
secara berkelompok
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar. 
F Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari. 
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan. 
Pertemuan Ketiga
§  Kegiatan Awal
–     Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
–     Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran 
–     Guru mengajak siswa bertanya
jawab tentang kebiasaan membaca buku. 
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru
memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata
“politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu
menjelaskan makna kata-kata itu secara general. 
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial,  budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara
general. 
F Guru menyiapkan kelas diskusi. 
F Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah
Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan. 
F Siswa melaporkan hasil diskusi. 
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø 
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø 
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø 
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø 
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø 
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
§  Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan 
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.) 
§  Berbagai buku sejarah
perjuangan bangsa. 
§  Burung garuda Pancasila,
beserta tamengnya. 
§  Lagu ”Garuda Pancasila”. 
F.   Penilaian  
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.  
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat
  persatuan bangsa. 
§
  Mampu menjelaskan
  makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial
  budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan). 
 | 
  
   
§ Tugas individu. 
Tugas berkelompok 
Tugas individu 
 | 
  
   
§ Penilaian daya nalar. 
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi). 
§ Penilaian lisan. 
§ Penilaian daya nalar. 
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
  keterlibatan dalam diskusi). 
§ Penilaian lisan. 
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa. 
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan
  isi pikiran) 
 | 
  
   
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?  
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita
  dahulu dalam mewujudkan NKRI? 
§  Mengapa
  Indonesia berbentuk negara kesatuan?  
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila? 
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI? 
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi? 
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi
  sosial-budaya? 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment