RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu
: 6 x 35 menit (3 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami arti
penting keutuhan NKRI.
§ Siswa dapat menjelaskan fungsi
Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§ Siswa dapat menjelaskan makna
kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas (integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Arti penting keutuhan NKRI
§ Fungsi Pancasila sebagai
perekat persatuan bangsa
§ Makna kesatuan wilayah
Indonesia
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru bertanya kepada siswa
tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru berceramah kepada siswa
tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan aktivitas
sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan
keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan;
serta legalitas negara yang lengkap dengan
hukum dan peraturan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah
siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan
NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara
bergiliran di depan teman-teman.
F Siswa lain menanggapi hasil diskusi
kelompok teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta seorang siswa
membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain
menirukannya.
F Siswa memperhatikan gambar
lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang
tersebut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk lambang sila
pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya
secara bersama-sama.
F Guru bercerita tentang
sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
F Guru mengatur kelas untuk
berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
F Siswa mendiskusikan
fungsi Pancasila bagi NKRI dengan
panduan guru.
F Siswa melaporkan hasil diskusi
secara berkelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang
materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.
Pertemuan Ketiga
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru mengajak siswa bertanya
jawab tentang kebiasaan membaca buku.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru
memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata
“politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu
menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara
general.
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah
Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
F Siswa melaporkan hasil diskusi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Berbagai buku sejarah
perjuangan bangsa.
§ Burung garuda Pancasila,
beserta tamengnya.
§ Lagu ”Garuda Pancasila”.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat
persatuan bangsa.
§
Mampu menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial
budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
|
§ Tugas individu.
Tugas berkelompok
Tugas individu
|
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan
isi pikiran)
|
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita
dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§ Mengapa
Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi
sosial-budaya?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment