RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :
SDN 
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : V/ 2
Pertemuan Ke                    : 1-6
Alokasi Waktu                   : 12 x 35 Menit
A.   
Standar  Kompetensi      :           
5.   Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.    
Kompetensi
Dasar 
5.3  Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
C.   
Tujuan
Pembelajaran     
Peserta
didik dapat :
§  Menghitung perkalian dan
pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa 
§  Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
§  Menghitung operasi hitung
campuran berbagai bentuk pecahan
v 
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
D.   
Materi
Ajar
Pecahan
Operasi Perkalian dan pembagian
§  Perkalian Pecahan 
§  Pembagian pecahan
E.    
Metode
Pembelajaran 
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.    
Langkah-langkah
Pembelajaran           
  Pertemuan
ke 1-3
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan
menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan mengalikan bilangan
asli dan mengalikan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat
kesimpulansiswa diuji pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan  pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. 
  Pertemuan
ke 3-6
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan
menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan membagi bilangan asli
dan membagi pecahan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulan
siswa diuji pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan  pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
G.   
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika  SD   untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 
H.   
Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Menghitung
  perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa  
o  Menghitung
  perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya 
o  Menghitung
  perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya 
o  Menghitung
  perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya 
o  Menghitung
  perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya 
o  Menghitung
  operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan 
 | 
  
   
Tugas Indvidu  
 | 
  
   
Isian 
 | 
  
   
o   
o   
o   
o   
o   
o   
o    
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment