Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP MATEMATIKA KLS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               : SDN 
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : V/ 2
Pertemuan Ke                    : 1-6
Alokasi Waktu                   : 12 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
5.   Menggunakan Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
5.3  Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

C.    Tujuan Pembelajaran    
Peserta didik dapat :
§  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
§  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
D.    Materi Ajar
Pecahan
Operasi Perkalian dan pembagian
§  Perkalian Pecahan
§  Pembagian pecahan

E.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
  Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan mengalikan bilangan asli dan mengalikan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulansiswa diuji pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah, menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

  Pertemuan ke 3-6
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan membagi bilangan asli dan membagi pecahan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulan siswa diuji pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah, menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5




H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan

Tugas Indvidu

Isian

o   x   = ………………..
o   x   =………………..
o   x  = ………………
o   :   = ………………..
o   :   =………………..
o   :  = ………………
o   



Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1










 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts