RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.3 Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Menghitung perkalian dan
pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
§ Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
§ Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
§ Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
§ Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
§ Menghitung operasi hitung
campuran berbagai bentuk pecahan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Pecahan
Operasi Perkalian dan pembagian
§ Perkalian Pecahan
§ Pembagian pecahan
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-3
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan
menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan mengalikan bilangan
asli dan mengalikan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat
kesimpulansiswa diuji pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan
ke 3-6
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan
menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan membagi bilangan asli
dan membagi pecahan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulan
siswa diuji pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menghitung
perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung
perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung
perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung
perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung
perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o Menghitung
operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o x = ………………..
o x =………………..
o x = ………………
o : = ………………..
o : =………………..
o : = ………………
o
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment