RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : SDN
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
3
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.
II. Tujuan Pembelajaran
· Mengenal berbagai jenis motif
hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
· Mengenal beberapa motif hias pada buku, majalah, surat
kabar, kain, lukisan, dll.
· Mengenal beberapa motif yang ada sebagai model untuk
membuat motif-motif yang baru.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
·
Sikap apresiasi
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah
setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah
Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
siswa dapat membuat motif baru berdasarkan
motif-motif daerah yang ada.
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang
ada.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment