RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
 Nama
Sekolah                   : SDN 
Mata
Pelajaran                  : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   :
V/ I
Pertemuan Ke                    :
3
Alokasi Waktu                   :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa
I.     Kompetensi Dasar :
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.
II. Tujuan Pembelajaran
·   Mengenal berbagai jenis motif
hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·   Mengenal beberapa motif hias pada buku, majalah, surat
kabar, kain, lukisan, dll.
·   Mengenal beberapa motif yang ada sebagai model untuk
membuat motif-motif yang baru.
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence ) 
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III.  Materi Ajar
·  
Sikap apresiasi
IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan
V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara 
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah
setempat 
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah
Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab 
§ Konfirmasi
 Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa 
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto
VII.  Penilaian           
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
·        
  siswa dapat membuat motif baru berdasarkan
  motif-motif daerah yang ada. 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang
  ada. 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment