Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP SBK KLS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   : SDN 
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 3
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.

II. Tujuan Pembelajaran
·   Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·   Mengenal beberapa motif hias pada buku, majalah, surat kabar, kain, lukisan, dll.
·   Mengenal beberapa motif yang ada sebagai model untuk membuat motif-motif yang baru.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Sikap apresiasi

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         siswa dapat membuat motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.
Praktek
Praktek
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts