RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah     :   SDN 
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :   V (Lima) 
Semester               :   I
(Satu)
Alokasi Waktu   
:  2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi**               
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar                       
1.3.    Menunjukkan contoh-contoh
perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Memahami prinsip-prinsip sikap
memelihara keutuhan NKRI. 
A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memberi contoh dan
memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia. 
v 
Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.  Materi Ajar
§  Contoh-contoh atau ilustrasi
perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI. 
C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.
D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
–     Guru mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
–     Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran 
–     Guru mengajak siswa bertanya
jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke
sekolah. 
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab
secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa menyiapkan
fotokopi gambar yang ada pada buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing. 
F Siswa mulai bekerja
mewarnai gambar yang ia pilih.  
F Siswa menceritakan isi gambar
dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman
F Guru menyiapkan kelas diskusi. 
F Siswa melaporkan hasil diskusi. 
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø 
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø 
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø 
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø 
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø 
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
§  Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan 
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.) 
§  Teman
§  Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
               F.  Penilaian   
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
§ Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan
  NKRI.  
 | 
  
   
§ Tugas individu. 
 | 
  
   
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar
  dan kreativitas pewarnaan gambar)  
§ Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan
  alasan pemilihan gambar.  
 | 
  
   
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya
  diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau gambar B).  
§ Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah
  .... (gambar a atau b) 
§ Apabila melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya
  dilakukan para peserta demonstrasi adalah .... (gambar a atau b) 
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya
  diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar a atau b) 
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
& 
Produk
( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
& 
Performansi
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment