RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I
(Satu)
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.3. Menunjukkan contoh-contoh
perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Indikator Pencapaian Kompetensi
§ Memahami prinsip-prinsip sikap
memelihara keutuhan NKRI.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memberi contoh dan
memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Contoh-contoh atau ilustrasi
perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Guru mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru mengajak siswa bertanya
jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke
sekolah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab
secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa menyiapkan
fotokopi gambar yang ada pada buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing.
F Siswa mulai bekerja
mewarnai gambar yang ia pilih.
F Siswa menceritakan isi gambar
dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa melaporkan hasil diskusi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Teman
§ Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan
NKRI.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar
dan kreativitas pewarnaan gambar)
§ Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan
alasan pemilihan gambar.
|
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya
diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau gambar B).
§ Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah
.... (gambar a atau b)
§ Apabila melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya
dilakukan para peserta demonstrasi adalah .... (gambar a atau b)
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya
diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar a atau b)
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment