Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP MATEMATIKA KLS 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               : SDN 
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 1-6
Alokasi Waktu                   : 12 x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar                      
1.3  Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
§  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
§  Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
§  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§  Membaca dan Menulis Bilangan Bulat
§  Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
§  Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif
§  Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat

E.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran           :
  Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan tersebut, didiskusikan sampai memperoleh kesimpulan.
F Menjelaskan cara menjumlahkan dan mengurangkan  dua bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara menjumlahan dan mengurangkan bilangan bulat yang lain sampai didapat kesimpulan. 
F Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

  Pertemuan ke 4-6
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat. Guru memberikan kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan bulat, misalnya: bagaimanakah hasil dari …….
F (+) x (+)  contoh   4 x 5 =……
F (+) x (-)   contoh  3 x (-7) =….
F dst.
F Memberikan beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung campuran  penambahan atau pengurangan dengan perkalian atau pembagian, setelah itu mengadakan  diskusi  kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari:
                   Pengerjaan dari kiri                                                 Pengerjaan dari kanan
1)      (40 + 50) – 70 =             apakah hasilnya sama dengan         40 + ( 50 – 70)  =…
2)      (45 – 45) : 5    =             apakah hasilnya sama dengan          45 – (45 : 9)     = …
3)      (12 x 5) + 6     =             apakah hasilnya sama dengan           12 x ( 5 + 6)    = …
4)      dst.
Lalu kasus-kasus itu didiskusikan lalu bersama-sama mencari  aturan dasar dalam operasi hitung campuran.
F Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat misalnya masalah jual beli dll.
F Melakukan latihan soal  yang memecahkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 A Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Koin Logam , manik-manik, dll
§  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
o  Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
Tugas IndVidu
dan Kelompok



Isian

o  – 234 ditulis………………..
o  positif lima ratus empat puluh lima ditulis……………
o  Buatlah diagram panahnya 4, -5,-3 –10!
o  Buatlah diagram panah dari operasi 3 + - 10 = n!
o  –34 + 20 =…………
o  –20 – 30 = …………
o  dst

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1








 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts