RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :
SDN 
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 1-6
Alokasi Waktu                   : 12 x 35 Menit
A.   
Standar  Kompetensi      :           
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah
B.    
Kompetensi
Dasar                       
1.3  Melakukan
Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
C.   
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§  Membaca dan menuliskan
bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
§  Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
§  Melakukan operasi hitung
campuran dengan bilangan bulat
§  Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
v 
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
D.   
Materi
Ajar          
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§  Membaca dan Menulis Bilangan Bulat
§  Operasi Penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat 
§  Operasi Perkalian dan
pembagian bilangan bulat positif 
§  Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat 
E.    
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
F.    
Langkah-langkah
Pembelajaran           :
  Pertemuan
ke 1-3
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan Operasi
Hitung Campuran bilangan bulat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan
tersebut, didiskusikan sampai memperoleh kesimpulan.
F
Menjelaskan
cara menjumlahkan dan mengurangkan  dua
bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara
menjumlahan dan mengurangkan bilangan bulat yang lain sampai didapat
kesimpulan.  
F
Siswa
diuji keterampilan dan kemampuan  dengan
mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan  pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
  Pertemuan
ke 4-6
§  Kegiatan awal
-     
Apresepsi/ Motivasi
-     
Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan Operasi Hitung
Campuran bilangan bulat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan
bulat. Guru memberikan kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan
bulat, misalnya: bagaimanakah hasil dari …….
F
(+) x
(+)  contoh   4 x 5 =……
F
(+) x
(-)   contoh  3 x (-7) =….
F
dst.
F
Memberikan
beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung
campuran  penambahan atau pengurangan
dengan perkalian atau pembagian, setelah itu mengadakan  diskusi 
kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari:
                   Pengerjaan dari kiri                                                 Pengerjaan dari kanan
1)     
(40 + 50) – 70 =            
apakah hasilnya sama dengan        
40 + ( 50 – 70)  =…
2)     
(45 – 45) : 5   
=             apakah hasilnya sama dengan          45 – (45 : 9)     = …
3)     
(12 x 5) + 6    
=             apakah hasilnya sama
dengan           12 x ( 5 + 6)    = …
4)     
dst.
Lalu
kasus-kasus itu didiskusikan lalu bersama-sama mencari  aturan dasar dalam operasi hitung campuran.
F
Mengadakan
percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan
bilangan bulat misalnya masalah jual beli dll.
F
Melakukan
latihan soal  yang memecahkan bilangan
bulat dalam kehidupan sehari-hari.
§
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
dan penyimpulan
§ 
Kegiatan
Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan
kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan  pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.   
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika  SD   untuk Kelas V  5 A Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 
§  Koin Logam , manik-manik,
dll
§  White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.   
Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Membaca dan menuliskan
  bilngan bulat dalam kata-kata dan angka 
o  Melakukan operasi
  penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat 
o  Melakukan operasi hitung
  campuran dengan bilangan bulat 
o  Memecahkan masalah sehari-hari
  yang melibatkan bilangan bulat 
 | 
  
   
Tugas IndVidu  
dan Kelompok 
 | 
  
   
Isian  
 | 
  
   
o  – 234 ditulis……………….. 
o  positif  
o  Buatlah diagram panahnya
  4, -5,-3 –10! 
o  Buatlah diagram panah dari
  operasi 3 + - 10 = n! 
o  –34 + 20 =………… 
o  –20 – 30 = ………… 
o  dst  
 | 
 
Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
 Lembar Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment