RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.3 Melakukan
Operasi Hitung Campuran bilangan bulat
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Membaca dan menuliskan
bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
§ Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
§ Melakukan operasi hitung
campuran dengan bilangan bulat
§ Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Membaca dan Menulis Bilangan Bulat
§ Operasi Penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat
§ Operasi Perkalian dan
pembagian bilangan bulat positif
§ Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke 1-3
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan Operasi
Hitung Campuran bilangan bulat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan
tersebut, didiskusikan sampai memperoleh kesimpulan.
F
Menjelaskan
cara menjumlahkan dan mengurangkan dua
bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara
menjumlahan dan mengurangkan bilangan bulat yang lain sampai didapat
kesimpulan.
F
Siswa
diuji keterampilan dan kemampuan dengan
mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan
ke 4-6
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Melakukan Operasi Hitung
Campuran bilangan bulat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan
bulat. Guru memberikan kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan
bulat, misalnya: bagaimanakah hasil dari …….
F
(+) x
(+) contoh 4 x 5 =……
F
(+) x
(-) contoh 3 x (-7) =….
F
dst.
F
Memberikan
beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung
campuran penambahan atau pengurangan
dengan perkalian atau pembagian, setelah itu mengadakan diskusi
kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari:
Pengerjaan dari kiri Pengerjaan dari kanan
1)
(40 + 50) – 70 =
apakah hasilnya sama dengan
40 + ( 50 – 70) =…
2)
(45 – 45) : 5
= apakah hasilnya sama dengan 45 – (45 : 9) = …
3)
(12 x 5) + 6
= apakah hasilnya sama
dengan 12 x ( 5 + 6) = …
4)
dst.
Lalu
kasus-kasus itu didiskusikan lalu bersama-sama mencari aturan dasar dalam operasi hitung campuran.
F
Mengadakan
percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan
bilangan bulat misalnya masalah jual beli dll.
F
Melakukan
latihan soal yang memecahkan bilangan
bulat dalam kehidupan sehari-hari.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan
kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 A Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Koin Logam , manik-manik,
dll
§ White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Membaca dan menuliskan
bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
o Melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
o Melakukan operasi hitung
campuran dengan bilangan bulat
o Memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan bilangan bulat
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Isian
|
o – 234 ditulis………………..
o positif
o Buatlah diagram panahnya
4, -5,-3 –10!
o Buatlah diagram panah dari
operasi 3 + - 10 = n!
o –34 + 20 =…………
o –20 – 30 = …………
o dst
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment