Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) MATEMATIKA KLS 5 SMS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   :   V/ 2
Pertemuan Ke                    :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
5.   Menggunakan Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.1  Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya

C.    Tujuan Pembelajaran    
Peserta didik dapat :
§  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
§  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab
( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Operasi penjumlahan dan pengurangan 
§  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
§  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya

E.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
  Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persen ( diskon harga dll). Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
F Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus cara mencari persen dari kuantitas dan mencari kuantitas dari persen dari contoh-contoh yang telah diberikan oleh siswa.
F Guru menguji keterampilan siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

  Pertemuan ke 3-4
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali macam-macam pecahan yang mereka ketahui atau yang telah mereka pelajari pada kelas sebelumnya. Menjelaskan bahwa ada banyak pecahan yang akan di pelajari pada pertemuan ini seperti persen dan desimal.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian persen dan pecahan desimal serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru dan siswa bersama-sama mencari cara mengubah pecahan biasa ke persen maupun ke desimal ataupun sebaliknya mengubah persen dan pecahan desimal ke pecahan biasa, siswa diberi permasalahan guru memberikan arahan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
F Menjelaskan tanda-tanda ketaksamaan seperti >, < dan = untuk membandingkan dua buah pecahan yang berbeda jenis.
F Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam mengubah pecahan biasa ke persen dan desimal dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah .

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen

o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal

Tugas Indvidu

Isian

o  Jumlah siswa kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15 orang adalah siswa laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Berapa persenkah jumlah siswa laki-laki?
o  Seorang pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga. Sebanyak 70 %nya telah terjual berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
o  20 % dari 8000 adalah………………..
o  35 % dari 10000 adalah……….
o  Ubahlah ke dalam bentuk % dan pecahan desimal!
       i.            = …………..
     ii.            = ………..
o  Ubalah ke bentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 45 % =…….   
b. 46%  = ……              
c. 34 % =…….
o  Ubahlah kebentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a.   0,6              b.   0,78                 
c.   0,340


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts