RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengubah
pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Mengubah Pecahan Biasa
Menjadi Persen
§ Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab
( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Operasi penjumlahan dan pengurangan
§ Mengubah Pecahan Biasa
Menjadi Persen dan Sebaliknya
§ Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan
dengan persen ( diskon harga dll). Siswa diminta menceritakan pengalaman
pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas
beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen,
diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
F
Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus cara mencari persen dari kuantitas
dan mencari kuantitas dari persen dari contoh-contoh yang telah diberikan oleh
siswa.
F
Guru
menguji keterampilan siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal
cerita maupun soal isian.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan
ke 3-4
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali macam-macam pecahan yang mereka
ketahui atau yang telah mereka pelajari pada kelas sebelumnya. Menjelaskan
bahwa ada banyak pecahan yang akan di pelajari pada pertemuan ini seperti
persen dan desimal.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan pengertian persen dan pecahan desimal serta kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
dan siswa bersama-sama mencari cara mengubah pecahan biasa ke persen maupun ke
desimal ataupun sebaliknya mengubah persen dan pecahan desimal ke pecahan
biasa, siswa diberi permasalahan guru memberikan arahan untuk menyelesaikan
permasalahan yang diberikan.
F
Menjelaskan
tanda-tanda ketaksamaan seperti >, < dan = untuk membandingkan dua buah
pecahan yang berbeda jenis.
F
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan siswa
dalam mengubah pecahan biasa ke persen dan desimal dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah .
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengubah
Pecahan Biasa Menjadi Persen
o Mengubah
pecahan Biasa menjadi desimal
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o Jumlah siswa
kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15 orang adalah siswa laki-laki dan sisanya
adalah perempuan. Berapa persenkah jumlah siswa laki-laki?
o Seorang
pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga. Sebanyak 70 %nya telah terjual
berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
o 20 % dari 8000
adalah………………..
o 35 % dari
10000 adalah……….
o
Ubahlah
ke dalam bentuk % dan pecahan
desimal!
i.
= …………..
ii.
= ………..
o Ubalah ke
bentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 45 % =…….
b. 46% = ……
c. 34 % =…….
o Ubahlah
kebentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 0,6 b. 0,78
c. 0,340
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment