RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu                          :
  8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :
  Ceramah dan praktek
A.   
Standar Kompetensi
      : 
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.    
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C.   
Tujuan
Pembelajaran**: 
o  
Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang
berperan sebagai pernapasan
o  
Siswa dapat Memahami istilah dari
| 
   
-   Diagfragma 
-   Gelambir 
-   Pleura 
-   Bronkus 
 | 
  
   
- Alveolus 
- Pundi-pundi 
- Labirin 
- Stigma 
 | 
 
o  
Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan
pernapasan perut
o  
Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
| 
   
-   Manusia  
-   Burung 
-   Reptil 
-   Amfibi 
 | 
  
   
-   Ikan 
-   Serangga 
-   Cacing 
 | 
 
o  
Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan
hewan
& Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.   
Materi
Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o   Alat
Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan 
E.    
Media
Belajar
o   Buku  ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
o   Stoples
plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang,
Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F.    
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
| 
   
Pertemuan ke-1 
 | 
 |||||||
| 
   
1.     
  Pendahuluan
   
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
| 
   
2.     
  Kegiatan
  Inti  
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan 
F
  Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan  
-   Paru-paru 
-   Hidung  
-   Tenggorokan 
F
  Memahami istilah dari 
 
F
  Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut 
F
  Memahami proses pernapasan 
F melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa
  bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan 
  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
| 
   
3.     
  Penutup
   
o  
  Mengulang
  proses pernapasan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
| 
   
4.     
  Pekerjaan
  Rumah 
 | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-2 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F
  Siswa dapat Melakukan
  kegiatan  
F melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa
  bertanya jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan penguatan  dan
  penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan dari kegiatan 1.1 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  tugas
  1.1 
 | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-3 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi
   dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi  
o  
  Memahami
  peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F
  Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan 
 
F
  Memahami
  istilah dari 
 
F
  Memahami proses pernapasan pada : 
 
F
  Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan  
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa
  bertanya jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
   
 | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-4 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi. 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& sEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F
  Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia
  dapat diakibatkan oleh pencemaran udara
  dan serangan kuman  
F
  Memahami gejala penyakit : 
 
F
  Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan 
 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
F
  Menyebutkan
  penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman 
 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa
  bertanya jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan. 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
  | 
  
   | 
 ||||||
G.   
Penilaian:
| 
   
Indikator Pencapaian Kompetensi  
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Mengidentifikasi alat pernapasan
  pada manusia dan pada beberapa hewan. 
o  Membuat model alat pernapasan
  manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. 
o  Menjelaskan penyebab terjadinya
  gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar,
  merokok dan terinfeksi oleh kuman. 
o  Membiasakan diri memelihara
  kesehatan alat pernapasan 
 | 
  
   
Tugas
  Individu  
dan
  Kelompok 
 | 
  
   
Laporan
  dan Unjuk kerja 
 | 
  
   
o  Jelaskanlah alat pernapasan pada
  manusia dan pada beberapa hewan. 
o  Buatkanlah model alat pernapasan
  manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. 
o  Jelaskanlah penyebab terjadinya
  gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar,
  merokok dan terinfeksi oleh kuman. 
o  Jelaskanlah cara memelihara
  kesehatan alat pernapasan 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
&   LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 ||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment