RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A.
Standar Kompetensi
:
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang
berperan sebagai pernapasan
o
Siswa dapat Memahami istilah dari
- Diagfragma
- Gelambir
- Pleura
- Bronkus
|
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
|
o
Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan
pernapasan perut
o
Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
- Manusia
- Burung
- Reptil
- Amfibi
|
- Ikan
- Serangga
- Cacing
|
o
Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan
hewan
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o Alat
Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
E.
Media
Belajar
o Buku ILMU PENGETAHUAN ALAM SD Relevan Kelas V
o Stoples
plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang,
Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|||||||
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
2.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
F
Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
- Paru-paru
- Hidung
- Tenggorokan
F
Memahami istilah dari
F
Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
F
Memahami proses pernapasan
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
3.
Penutup
o
Mengulang
proses pernapasan
|
(5 menit)
|
||||||
4.
Pekerjaan
Rumah
|
|
||||||
Pertemuan ke-2
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Melakukan
kegiatan
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
o
Memberikan
kesimpulan dari kegiatan 1.1
|
(5 menit)
|
||||||
o
tugas
1.1
|
|
||||||
Pertemuan ke-3
|
|||||||
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o
Memahami
peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
F
Memahami
istilah dari
F
Memahami proses pernapasan pada :
F
Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
o
Memberikan
kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda
|
(5 menit)
|
||||||
o
|
|
||||||
Pertemuan ke-4
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
|
(5 menit)
|
||||||
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia
dapat diakibatkan oleh pencemaran udara
dan serangan kuman
F
Memahami gejala penyakit :
F
Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Menyebutkan
penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
o
Memberikan
kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.
|
(5 menit)
|
||||||
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi alat pernapasan
pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Membuat model alat pernapasan
manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Menjelaskan penyebab terjadinya
gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar,
merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara
kesehatan alat pernapasan
|
Tugas
Individu
dan
Kelompok
|
Laporan
dan Unjuk kerja
|
o Jelaskanlah alat pernapasan pada
manusia dan pada beberapa hewan.
o Buatkanlah model alat pernapasan
manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Jelaskanlah penyebab terjadinya
gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar,
merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Jelaskanlah cara memelihara
kesehatan alat pernapasan
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment