RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan FPB dan
KPK.
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat
§ Menentukan KPK dari dua
bilangan
§ Menentukan FPB dari dua
bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
KPK dan FPB
§ Penggunaan KPK dan FPB
untuk memecahkan masalah sehari-hari
§ Penggunaan KPK dan FPB
untuk memecahkan masalah sehari-hari
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, Ekspositori, deduktif,
Tanya jawab, latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang
berhubungan dengan FPB dan KPK.
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Menggunakan Faktor
Prima untuk menentukan FPB dan KPK
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan menggunakan benda disekitar
untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep FPB dan KPK, Misalnya
dalam membagi 20 koin seratus dan 25 koin
lima ratus sama rata membutuhkan berapa wadah? Berapakah jumlah masing-masing
koin pada setiap wadahnya? (konsep FPB) atau menghitung jadwal keberangkatan
kereta api kapan kedua kereta itu dapat pergi sama-sama? (konsep KPK) dll.
Setelah diberikan permasalahan tersebut siswa berdiskusi membuat kesimpulan
bersama-sama mengenai definisi FPB dan KPK.
F
Menjelaskan
cara mencari FPB dan KPK menggunakan
faktorisasi prima, sebelumnya siswa diingatkan terlebih dahulu apa yang
dimaksud dengan bilangan prima.
F
Siswa
diuji keterampilan dan kemampuan dengan
mengerjakan soal-soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Koin Logam , manilk-manik,
jam beker dll
§ White board, papan tulis,
spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengunakan faktor prima
dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan FPB dan KPK
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Isian
|
o Carilah FPB dan KPK dari
32 dan 60!
o Carilah FPB dan KPK dari
15, 25 dan 30!
o dst
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment