Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KLS 5 MATEMATIKA

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               : SDN 
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                   : V/ I
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
1.2 Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan FPB dan KPK.

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan bulat
§  Menentukan KPK dari dua bilangan
§  Menentukan FPB dari dua bilangan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
KPK dan FPB
§  Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari
§  Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari

E.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, Ekspositori, deduktif, Tanya jawab, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran           :
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan FPB dan KPK
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan menggunakan benda disekitar  untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep FPB dan KPK, Misalnya dalam membagi  20 koin seratus dan 25 koin lima ratus sama rata membutuhkan berapa wadah? Berapakah jumlah masing-masing koin pada setiap wadahnya? (konsep FPB) atau menghitung jadwal keberangkatan kereta api kapan kedua kereta itu dapat pergi sama-sama? (konsep KPK) dll. Setelah diberikan permasalahan tersebut siswa berdiskusi membuat kesimpulan bersama-sama mengenai definisi FPB dan KPK.
F Menjelaskan cara mencari  FPB dan KPK menggunakan faktorisasi prima, sebelumnya siswa diingatkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bilangan prima.
F Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaanrumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§  Koin Logam , manilk-manik, jam beker dll
§  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK

Tugas IndVidu
dan Kelompok



Isian

o  Carilah FPB dan KPK dari 32 dan 60!
o  Carilah FPB dan KPK dari 15, 25 dan 30!
o  dst


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts