RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert.
15 – 16 (2 minggu)
I.
Standar Kompetensi
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
2.4
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
III. Tujuan Pembelajaran
¨ Siswa dapat Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian (carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Proklamasi kemerdekaan Indonesia
V. Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 15 – 16)
· Pendahuluan
-
Untuk
membangkitkan motivasi belajar siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh
perjuangan, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Guru menjelaskan secara singkat sesuai
materi
F Mengadakan tanya jawab tentang cara
mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
F Guru menjelaskan cara bersikap menghargai
para tokoh perjuangan
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Dengan bimbingan guru, siswa mengadakan
diskusi tentang cara mengenang tokoh perjuangan kemerdekaan
F Secara bergantian siswa menunjukkari sikap
menghargai para tokoh perjuangan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Mengadakan tes tertulis (uji kompetensi)
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat : Gambar
§ Sumber :
Buku IPS kelas V yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh
dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Jawab Singkat
|
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment