Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP IPS KLS 5 SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester           :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 15 – 16 (2 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.4  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan

III. Tujuan Pembelajaran
¨      Siswa dapat Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian (carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Proklamasi kemerdekaan Indonesia

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 15 – 16)
·       Pendahuluan
-      Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh perjuangan, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan secara singkat sesuai materi
F Mengadakan tanya jawab tentang cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
F Guru menjelaskan cara bersikap menghargai para tokoh perjuangan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan bimbingan guru, siswa mengadakan diskusi tentang cara mengenang tokoh perjuangan kemerdekaan
F Secara bergantian siswa menunjukkari sikap menghargai para tokoh perjuangan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
F Mengadakan tes tertulis (uji kompetensi)

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          : Buku IPS kelas V yang relevan

VII.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
­       


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts