RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDN 
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester             :   V/ 1
Materi Pokok               :   Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu                          :
  8 x 45 menit (5 X pertemuan)
Metode                         :
  Ceramah
A.   
Standar
Kompetensi       : 
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.    
Kompetensi
Dasar
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia
dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
C.   
Tujuan
Pembelajaran: 
o  
Siswa dapat Menjelaskan tugas dari alat
pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
| 
   
-   Rongga mulut 
-   Kerongkongan 
-   Lambung 
 | 
  
   
-   Usus halus 
-   Usus besar 
 | 
 
o  
Siswa dapat Memahami fungsi rongga mulut,
kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar
o  
Siswa dapat Menyebutkan gangguan pada alat
pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan
o  
Siswa dapat Memahami fungsi dari zat gizi,
kandungan zat gizi dalam makanan
o  
Siswa dapat Memahami fungsi dari kar-bohidrat,
protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya
o  
Siswa dapat Memahami menu makanan yang bergizi
seimbang (empat sehat lima 
sempurna)
o  
Siswa dapat Memahami cara mengolah bahan makanan
dengan benar.
& Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.   
Materi
Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o   Alat
Pencernaan Makanan Pada Manusia. 
o   Hubungan
Makanan Dan Kesehatan 
E.    
Media
Belajar
o   Buku  Ilmu Pengetahuan Alam SD Relevan Kelas V
F.    
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
| 
   
Pertemuan ke-1 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& sEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia. 
F Menjelaskan
  tugas dari alat pencernaan 
F Memahami
  proses pencernaan makanan secara mekanis dan kimia 
F Memahami
  fungsi kerongkongan dan lambung 
F Memehami
  peristiwa yang terjadi dilambung saat pencernaan 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
F Menyebutkan
  enzim yang terdapat pada lambung. 
F
  Menyebutkan alat pencernaan  
 
F
  Menyebutkan isi dari rongga mulut dan fungsinya seperti 
 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Mengulang
  proses pencernaan 
o  
  Makanan
  mengalami proses penghancuran oleh gigi, lidah dan air liur. 
o  
  Makanan
  dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-macam getah lambung 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  – 
 | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-2 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya 
o  
  Menyampaikan
  Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& sEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia. 
F Memahami
  fungsi dari usus halus 
F Mampu
  menyebutkan enzim yang terdapat pada getah pankreas 
F Memahami
  fungsi dari usus besar 
F
  Memahami istilah dari 
–  
  Gerak
  peristaltik 
–  
  Umbai
  cacing 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Menyebutkan bagian dari usus halus 
–  
  Usus
  dua belas jari  
–  
  Usus
  kosong 
–  
  Usus
  penyerapan 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Mengulang
  proses pencernaan 
o Terjadi pencernaan secara kimia
  dan penyerapan sari makanan di usu halus 
o Terjadi penyerapan air di dalam
  usus besar 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
  | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-3 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi  
o  
  Memahami
  peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia. 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& dsEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F
  Siswa dapat Memahami penyebab penyakit alat pencernaan pada manusia,
  seperti; 
 
F
  Memahami gejala penyakit alat pencernaan pada manusia, seperti; 
 
F
  Mengetahui cara memelihara kesehatan alat pencernaan 
 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubungan dengan
  makanan dan tata cara makanan 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Mengulang
  penyakit yang menyerang manusia, seperti diare, mag, radang usus, dan tifus 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  - 
 | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-4 
 | 
 |||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi. 
o  
  Memahami
  peta konsep tentang makanan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& dEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami fungsi dari zat gizi 
F Kandungan
  zat gizi dalam makanan 
F
  Memahami fungsi dari karbohidrat 
–    
  Menghangatkan
  tubuh 
–    
  Menjadi
  sumber zat tenaga 
F Memahami
  fungsi dari lemak sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan 
F Memahami
  fungsi dari protein sebagai zat pembangun sumber tenaga  
F Memahami
  fungsi dari air untuk melarutkan zat makanan, melencar pencernaan dan
  mengatur suhu tubuh. 
F
  Memahami fungsi dari mineral sebagi zat pembangun dan pengatur tubuhs 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F Menyebutkan
  makanan yang banyak mengandung karbohidrat 
F Menyebutkan
  makanan yang banyak mengandung lemak nabati dan hewani.  
F
  Menyebutkan makanan yang banyak mengandung
  protein nabati dan
  hewani 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan bahwa karbohidrat sebagai sumber tenaga, lemak sebagai cadangan
  makanan, protein sebagi pembangun tubuh, air untuk melarutkan makanan,
  mineral sebgai zat pembangun dan pengatur 
  tubuh. 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  - 
 | 
  
   | 
 ||||||
| 
   
Pertemuan ke-5 
 | 
  
   | 
 ||||||
  
 
 Apersepsi  dan Motivasi : 
o  
  Mengulang
  materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi. 
o  
  Memahami
  peta konsep tentang makanan 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
& dEksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
F Siswa
  dapat Memahami fungsi dari vitamin sebagai pengatur tubuh 
F
  Memahami menu makanan yang bergizi seimbang
  (empat sehat  
§
  Makanan
  pokok 
§
  Lauk
  pauk 
§
  Sayuran 
§
  Buah-buahan 
§
  Susu 
F
  Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar, seperti: 
§
  Tidak
  membeli makanan yang terbuka. 
§
  Jika
  membeli makanan yang tertutup perhatikan cara pengolahannya. 
§
  Sayurang
  yang dimakan mentah harus benar-benar dicuci bersih. 
§
  Sayuran
  jangan dimasak terlala matang karena dapat merusak zat gizi.s 
F Melibatkan
  peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
F
  memfasilitasi peserta didik melakukan
  percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. 
& Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
F
  Menyebutkan beberapa jenis vitamin dan manfaatnya 
F membiasakan
  peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
  yang bermakna; 
F memfasilitasi
  peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
  memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
F memberi
  kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
  tanpa rasa takut; 
F memfasilitasi
  peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
  tertulis, secara individual maupun kelompok; 
F memfasilitasi
  peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
& Konfirmasi 
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
F
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  
F
  Guru bersama siswa bertanya
  jawab meluruskan kesalahan
  pemahaman, memberikan
  penguatan  dan penyimpulan 
 | 
  
   
(50 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Memberikan
  kesimpulan bahwa makanan yang bergizi seimbang mengandung karbohidrat, lemak,
  protein, mineral, air dan vitamin 
 | 
  
   
(5 menit) 
 | 
 ||||||
  
 
o  
  Tugas
  1.2 (hlm.27) 
 | 
  
   | 
 ||||||
G.   
Penilaian:
| 
   
Indikator Pencapaian Kompetensi  
 | 
  
   
Teknik Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/ Soal 
 | 
 
| 
   
o  Mengidentifikasi alat pencernaan
  makanan pada manusia.  
o  Mencari informasi tentang
  penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. 
o  Mempraktekkan kebiasaan hidup
  sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. 
o  Mengidentifikasi makanan bergizi
  dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu
  seimbang menjadikan tubuh sehat. 
o  Mempraktekkan cara-cara mengolah
  bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. 
 | 
  
   
Tugas
  Individu  
 | 
  
   
Uraian Objektif 
 | 
  
   
o  Jelaskanlah alat pencernaan
  makanan pada manusia.  
o  Jelaskanlah tentang penyakit yang
  berhubungan dengan pencernaan. 
o  Praktekkan kebiasaan hidup sehat
  untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. 
o  Jelaskanlah makanan bergizi dan
  menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu
  seimbang menjadikan tubuh sehat. 
o  Praktekkan cara-cara mengolah
  bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. 
 | 
 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Konsep 
 | 
  
   
*
  semua benar 
*
  sebagian besar benar 
*
  sebagian kecil benar 
* semua salah 
 | 
  
   
4 
3 
2 
1 
 | 
 
&  Performansi 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan  
Praktek 
Sikap 
 | 
  
   
* Pengetahuan 
* kadang-kadang Pengetahuan 
* tidak Pengetahuan 
* aktif  Praktek 
* kadang-kadang aktif 
* tidak aktif 
* Sikap 
* kadang-kadang Sikap 
* tidak Sikap 
 | 
  
   
4 
2 
1 
4 
2 
1 
4 
2 
1 
 | 
 
&   LEMBAR PENILAIAN
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Performan 
 | 
  
   
Produk 
 | 
  
   
Jumlah 
Skor 
 | 
  
   
Nilai 
 | 
 ||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktek 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment