RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert.
12 – 14 (3 minggu)
I.
Standar Kompetensi
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan
mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran
¨ Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian (carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Proklamasi kemerdekaan Indonesia
V. Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)
· Pendahuluan
-
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar
-
Menunjuk
siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh-tokoh
dalammemproklamasikan kemerdekaan
F Menugaskan siswa secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
F Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam
dalam memprokiamasikan kemerdekaan
F Mengajak siswa mencari jasa dan peranan
tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Memberi motivasi
F Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat : Gambar
§ Sumber :
Buku IPS kelas
Buku
penunjang yang relevan
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§ Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam
memprokmasikan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Jawab Singkat
|
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment