Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP IPS KLS 5 SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester           :   V/II
Alokasi Waktu             :   9 x 35 menit
                                          Pert. 12 – 14 (3 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia

II.  Kompetensi Dasar
2.3   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran
¨      Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian (carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Proklamasi kemerdekaan Indonesia

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)
·       Pendahuluan
-      Mengajak siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar
-      Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan
F Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
F Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
F Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Memberi motivasi
F Mengadakan uji kompetensi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          :   Buku IPS kelas
                                      Buku penunjang yang relevan

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts