Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

Prosedur Pencatatan Pendapatan


            Di dalam sebuah laporan akuntansi dasar pencatatan pendapatan harus berdasarkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
1.      Prosedur Ruang Dokumen
Ruang penerimaan dokumen menerima cek dari pelanggan bersama dengan bukti pembayaran. Dokumen ini berisi informasi kunci yang diperlukan transaksi rekening pelanggan.
Petugas ruang penerimaan dokumen mengirimkan cek dan bukti pembayaran kepada petugas administrasi yang akan mengesahkan (endorses) cek tersebut setoran dan mencocokkan jumlah nilai dari bukti pembayaran dengan cek tersebut. Petugas kemudian mencatat setiap cek pada sebuah buku yang disebut pembayaran (atau daftar pembayaran tunai). Bukti pembayaran adalah catatan semua penerimaan tunai.
2.      Departemen Penerimaan Tunai/Kas
Departemen penerimaan tunai/kas mencocokkan kebenaran dan kelengkapan antar cek dengan bukti pembayaran. Setiap cek yang hilang dan salah dikirimkan dari ruang penerimaan dokumen dan departemen penerimaan tunai/kas seharusnya dapat diidentifikasi pada proses ini. Setelah proses percobaan antara cek dengan bukti pembayaran, kasir mencatat penerimaan tunai pada jurnal penerimaan tunai.
Selanjutnya petugas menyiapkan slip setoran bank rangkap tiga yang menunjukkan total nilai penerimaan harian dan menyerahkan cek tersebut beserta dua salinan dari slip setoran bank ke bank. Atas setoran tersebut, kasir bank mencocokkan slip setoran bank dan mengembalikan satu salinan ke bagian pengawasan.

3.      Departemen Buku Besar
Secara berkala, departemen buku besar menerima dokumen jurnal dari departemen penerimaan tunai. Petugas melakukan proses posting dari dokumen jurnal ke rekening kontrol kas dan arsip dari dokumen jurnal.
4.      Departemen Pengawasan
Secara berkala (Mingguan atau bulanan), petugas pengawasan dari departemen pengawasan (atau karyawan yang tidak terkait dengan prosedur penerimaan tunai) mencocokkan penerimaan tunai dengan membandingkan dokumen-dokumen berikut ini:
a.       Asuransi Kesehatan
b.      Slip setoran yang diterima dari bank
c.       Dokumen jurnal dari departemen penerimaan tunai


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts