Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, May 27, 2017

RPP MATERI PECAHAN KELAS 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDN 
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   :   V/ 2
Pertemuan Ke                    :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.   Menggunakan Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.4  Menggunakan pecahan dalam  masalah perbandingan dan skala

C.    Tujuan Pembelajaran    
Peserta didik dapat :
§  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
§  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
PECAHAN
Pecahan dan perbandingan
§  Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
§  Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
  Pertemuan ke 1-4
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Menceritakan masalah sehari-hari yang melibatkan perbandingan misalnya: perbandingan uang adik dan kakak, kemudian diangkat dalam diskusi  kelas
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menggunakan pecahan dalam  masalah perbandingan dan skala
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan perbandingan dan mengadakan percobaan untuk membuat skala dari ruangan sekitar (gedung sekolah) setelah diberi arahan terlebih dahulu. Setelah itu siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalam soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah, menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

Tugas Indvidu

uraian

o  Perbandingan permen Nita dan Arief adalah 4 : 3. Jumlah seluruh permen nita adalah 48 buah. Maka jumlah seluruh permen Arief adalah……..
o  Peta Jawa Barat digambar dengan skala 1: 1.500.000. Jarak Jakarta-Bandung pada peta itu adalah 6,5 cm. Maka jarak sesungguhnya adalah……
o  Jarak antara terminal Bis dan rumah Andi pada sebuah gambar adalah 42 cm. Jarak sesungguhnya adalah 1.440 m. Maka skala pada gambar tersebut adalah……


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts