RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.4 Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan
skala
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
§ Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
PECAHAN
Pecahan dan
perbandingan
§ Mengenal arti pecahan
sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
§ Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)
E.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke 1-4
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Menceritakan masalah sehari-hari yang melibatkan
perbandingan misalnya: perbandingan uang adik dan kakak, kemudian diangkat
dalam diskusi kelas
§ Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menggunakan pecahan dalam
masalah perbandingan dan skala
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan perbandingan dan
mengadakan percobaan untuk membuat skala dari ruangan sekitar (gedung sekolah)
setelah diberi arahan terlebih dahulu. Setelah itu siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya dalam soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaan rumah,
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengenal
perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung
perbanding untuk mengukur suhu dan skala
|
Tugas Indvidu
|
uraian
|
o Perbandingan permen
Nita dan Arief adalah 4 : 3. Jumlah seluruh permen nita adalah 48 buah. Maka
jumlah seluruh permen Arief adalah……..
o Peta Jawa
Barat digambar dengan skala 1: 1.500.000. Jarak Jakarta-Bandung pada peta itu
adalah 6,5 cm. Maka jarak sesungguhnya adalah……
o Jarak antara
terminal Bis dan rumah Andi pada sebuah gambar adalah 42 cm. Jarak
sesungguhnya adalah 1.440 m. Maka skala pada gambar tersebut adalah……
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment