Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, September 24, 2019

Pembelajaran IPS di SD



Pembelajaran IPS sebagai salah satu program pengajaran yang membina dan menyiapkan kehidupan sosial yang baik serta peserta didik sebagai “warga negara Indonesia yang baik dan memasyarakat” diharapkan mampu membina perubahan dan harapan-harapan baru tersebut. Para pelaksana pembelajaran IPS harus selalu mengikuti gejolak kehidupan dan perkembangan masyarakat di sekitarnya, bangsa dan negara dan bahkan kehidupan dunia pada umumnya.
Pembelajaran IPS sebagai bagian program pengajaran di SD, baik secara progmatik maupun prosedural harus berkaitan dan berkesinambungan dengan pembelajaran IPS jenjang selanjutnya (SLTP). Pengenalan pada keadaan lingkungan, baik keadaan lingkungan sosial masyarakat maupun keadaan lingkungan fisik atau geografis yang selalu berubah merupakan materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran IPS di SD. 
Menurut Djahiri (1998), misi utama pembelajaran IPS yaitu memanusiakan manusia dan memasyarakatkannya secara fungsional dan penuh rasa kebersamaan serta rasa tanggung jawab, hendaknya mampu menampilkan harapan-harapan sebagai berikut :
a.     mampu memberikan perbekalan pengetahuan tentang manusia dan seluk beluk kehidupannya dalam astagrata kehidupan
b.     membina kesadaran, keyakinan, dan sikap tentang pentingnya hidup bermasyarakat dengan penuh rasa kebersamaan, bertanggung jawab dan manusiawi
c.     membina keterampilan hidup bermasyarakat dalam negara Indonesia yang berlandaskan Pancasila
d.     membina perbekalan dan kesiapan siswa untuk belajar lebih lanjut dan/atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
Pada SD, pengoperasian keempat fungsi peran harapan pembelajaran IPS hendaknya disesuaikan dengan:
a.     tingkat perkembangan usia dan belajar siswa
b.     pengalaman belajar dan lingkungan budaya siswa
c.     kondisi kehidupan masyarakat sekitar masa kini dan kelak yang diharapkan
d.     proyeksi harapan pembangunan nasional/daerah yang tentunya mampu dijangkau dan diperankan siswa kini dan kelak kemudian hari
e.     isi dan pesan nilai moral budaya bangsa, Pancasila dan agama yang dianut dan diakui bangsa negara Indonesia.
Kajian pembelajaran IPS mengarah kepada keberhasilan dan kelayakan astagrata kehidupan. Keadaan dalam astagatra kehidupan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan kehidupan hari esok harus lebih indah serta memiliki nilai lebih dari hari ini. 
Pembelajaran IPS ini meliputi beberapa hal sebagai berikut :
a.     Hal ihwal diri manusia (potensi, hak dan kewajiban dan perannya dalam astagatra kehidupan)
b.     Tentang keluarga dan perangkat fisik serta nonfisiknya (kecintaan, kebahagiaan, kesejahteraan dan lain-lain)
c.     Tentang sekolah dan masyarakat sekitar dengan segala perangkat fisik dan nonfisiknya (keadaan, adat budaya, kehidupan keagamaan, dan lain-lain)
d.     Tentang lembaga kemasyarakatan (pasar, organisasi sosial atau ekonomi dan lain-lain) dan lembaga pemerintahan dari mulai RT/RW sampai kepala negara dengan segala hak, kewenangan dan tugas kewajibannya serta kelayakan sikap perilaku warga terhadap lembaga tersebut.
e.     Tentang kebutuhan pokok hidup manusia, masyarakat, bangsa dan negara (fisik dan nonfisik) dan acuan kelayakan cara mendapatkan serta memanfaatkannya
f.      Tentang norma-norma hidup dan kehidupan manusia, masyarakat, bangsa dan negara dalam tatanan nilai moral khas Indonesia.
g.     Tentang kesejarahan yang menyangkut kebesaran dan kebanggaan sosial budaya, kecintaan dan penghormatan terhadap para pahlawan, rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap kemerdekaan bangsa dan negara serta cita-cita luhur bangsa. 
Pada saat menentukan pilihan liputan dan mengembangkan bahan pelajaran hendaknya memperhatikan kesinambungan antara bahan sebelumnya dan bahan yang akan diberikan.  Selain itu, perlu pula memperhatikan acuan pengembangan bahan pelajaran (program). Di samping itu guru harus memperhatikan keterkaitan dan kesinambungannya dengan pelajaran lain, terutama PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), Pendidikan Agama dan IPA.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts