Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, September 24, 2019

Media Pembelajaran



Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. Menurut AECT yang dikutip oleh Rohani (2004 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (2002 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”.
Menurut Association for Education and Communication Technology (AECT) media diartikan sebagai segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi (AECT, 1986).
Penggunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan apa yang dipelajarinya lebih baik dan meningkatkan penampilan (performance) mereka dalam melakukan keterampilan-keterampilan tertentu sesuai dengan yang menjadi tujuan pembelajaran (Suroso, 1995).
Karakteristik media berbeda sesuai dengan tujuan atau maksud pengelompokkannya. Salah satunya media grafis, media grafis termasuk salah satu media visual. Media gambar merupakan media pembelajaran yang termasuk kedalam media visual yang memiliki ukuran panjang serta lebar. Media visual (Sanjaya, 2000:157) media yang dapat dilihat saja, tidak mengandung unsure suara. Yang termasuk media ini adalah film slide, foto, transpransi, lkisan, gambar dan berbagai bentuk bahan yang dicetal seperti media grafis dan lain sebagainya.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts